Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meriahnya Festival Lomba Seni Siswa Kemendikbud di Pangkalpinang

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) XI di Pangkalpinang, Bangka Belitung.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy./Bisnis-Eva Rianti
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy./Bisnis-Eva Rianti
Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) XI di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan festival tersebut menjadi wadah untuk mengekspresikan bakat siswa di bidang seni.

“Melalui FLS2N ini peserta didik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia diajak untuk dapat mengembangkan dan mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa, dan menjadi arena untuk memacu serta mendorong sesama siswa untuk mengamalkan Pancasila dalam wujud seni yang paling indah sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kearifan lokal,” ujarnya dalam keterangan resmi pembukaan FLS2N XI tersebut yang diterima, Senin (27/8/2018).

Penyelenggaraan FLS2N tahun ini mengangkat tema 'Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter'. Tema tersebut, kata Mendikbud, memberikan makna bahwa seni sebagai salah satu kegiatan pendidikan.
Hal itu tidak hanya diarahkan untuk menumbuhkembangkan estetika siswa yang mampu memahami dan mensyukuri berbagai bentuk keindahan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga mampu mendorong sikap kreatif siswa sehingga dapat memperkuat karakter siswa.

“FLS2N diharapkan dapat mengembangkan minat dan bakat siswa Indonesia di bidang seni dalam rangka membangun karakter siswa berdasarkan nilai-nilai yang berakar dari budaya nusantara,” tutur Mendikbud.

Ajang FLS2N diselenggarakan pada 26 Agustus--1 September 2018 di di dua lokasi, yaitu Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Banda Aceh, Aceh.

Untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan PKLK diselenggarakan di Pangkalpinang. Sedangkan untuk jenjang SMA/MA dan SMK diselenggarakan di Banda Aceh. Peserta FLS2N merupakan siswa-siswi terbaik yang telah lolos seleksi di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Peserta FLS2N ke-XI mencapai 1.947 siswa. Pada jenjang SD diikuti 204 siswa dengan jenis lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, dan gambar bercerita.
Di jenjang SMP, sebanyak 442 siswa akan unjuk prestasi di lomba menyanyi solo, musik tradisional, tari tradisional, desain poster, dan gitar klasik.
Selanjutnya, pada jenjang PKLK dengan peserta 306 siswa akan menampilkan kemampuan terbaiknya di lomba menyanyi solo, menari, desain grafis, pantomim, melukis, dan MTQ.

Pada jenjang SMA, sebanyak 476 siswa mengikuti festival/lomba menyanyi solo, tari kreasi berpasangan, baca puisi, cipta puisi, gitar solo, desain poster, kriya, film pendek, dan teater monolog.
Adapun di jenjang SMK, sekitar 519 siswa akan unjuk kehebatan di festival/lomba menyanyi solo, tari tradisional, musik tradisional, gitar solo klasik, teater, dan film pendek.

Dalam kegiatan ini, para siswa seluruh jenjang pendidikan dari 34 provinsi dapat berinteraksi dan bertukar pengalaman mengenai kemajuan budaya masing-masing sehingga memunculkan kebanggaan pada budaya nasional.

“Saya berharap torehan prestasi yang akan lahir disepanjang kompetisi ini diniatkan untuk kemajuan bangsa, dan menjadi wadah penyatu segala perbedaan dan menjadi pijakan bagi upaya meraih prestasi gemilang bersama-sama,” imbuh Mendikbud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper