Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Neno Warisman Gunakan PAS di Pesawat, Lion Air Kena Teguran

Aksi Neno Warisman yang menggunakan Public Address System (PAS) untuk meminta maaf kepada penumpang di dalam pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 297, rute Pekanbaru-Jakarta pada 25 Agustus 2018 ternyata berbuntut panjang.
Thai Lion/Phuket News
Thai Lion/Phuket News

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi Neno Warisman yang menggunakan Public Address System (PAS) untuk meminta maaf kepada penumpang di dalam pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 297, rute Pekanbaru--Jakarta pada 25 Agustus 2018 ternyata berbuntut panjang.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno mengatakan penggunaan PAS diatur dalam Internal Standard Operating Procedure (SOP) Lion Air. PAS hanya dapat digunakan oleh awak kabin untuk menyampaikan informasi kepada penumpang, bukan digunakan oleh penumpang untuk menyampaikan informasi lain yang tidak terkait dengan operasional penerbangan.

"Saya telah memerintahkan jajaran untuk segera melakukan penyelidikan dan menindak secara tegas siapapun yang melakukan perbuatan melanggar peraturan penerbangan sipil," kata Pramintohadi dalam siaran pers, Selasa (28/8/2018).

Pihaknya mengaku tidak akan menoleransi segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh penumpang maupun personel penerbangan.

Menurutnya, penggunaan PAS oleh penumpang dalam penerbangan Lion Air JT 297 melanggar Internal SOP maskapai Lion Air dan merupakan tindakan yang salah. Pilot in Command (PIC) maupun awak kabin telah melakukan kesalahan dan akan dikenai tindakan tegas.

Sementara itu, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU) Avirianto telah melayangkan teguran kepada manajemen Lion Air melalui surat pada 27 Agustus 2018.

"Kami meminta Lion Air menindak tegas Station Manager, PIC dan awak kabin yang tidak melaksanakan Internal SOP secara baik dan benar," kata Avirianto.

Dia berpendapat keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan suatu hal yang harus diusahakan oleh semua pihak, tidak hanya regulator ataupun operator, tapi juga oleh seluruh penumpang pengguna jasa penerbangan. "Bagi siapa saja yang melanggar aturan pasti akan ditindak tegas," ujarnya.

Sebelumnya, Neno dipulangkan dari Pekanbaru karena hendak menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden. Dia sempat menjelaskan kronologi pemulangannya dan meminta maaf pada penumpang pesawat karena penerbangan jadi terhambat melalui PAS di dalam pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper