Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

910 Napi Akan Terima Sertifikasi Tukang Batu, Tukang Kayu, Tukang Besi dan Las

Narapidana atau warga binaan pemasyarakatan, WBP, di 10 lapas akan mendapat sertifikasi jasa konstruksi setelah mengikuti pelatihan. 
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Narapidana atau warga binaan pemasyarakatan, WBP, di 10 lapas akan mendapat sertifikasi jasa konstruksi setelah mengikuti pelatihan. 

Narapidana atau WBP itu adalah peserta pelatihan bidang Jasa Konstruksi yang diselenggarakan Direktur Jenderal Pemasyarakatan dan Direktur Jenderal Bina Konstruksi.

Peresmian pelatihan keahlian jasa konstruksi akan dipusatkan di Lapas Klas I Makassar dan diikuti sembilan lapas lainnya melalui teleconference, Senin (27/8/2018).

"Dengan kegiatan hari ini, berarti telah 1.041 WBP dari 12 lapas dilatih menjadi tenaga ahli bangunan dan konstruksi," jelas Sri Puguh Budi Utami, Direktur Jenderal Pemasyarakatan dalam rilisnya.

Sebelumnya telah dilatih sebanyak 131 WBP dari Lapas Nusakambangan dan Lapas Klas I Jakarta Cipinang.

Program pelatihan ini adalah implementasi Penandatanganan MoU Menteri Hukum dan HAM dengan Menteri PUPR dan tanggal 27 Juli 2018 di Pulau Nusakambangan.

"Ini juga adalah bagian dari pembinaan kemandirian melalui Pasukan Merah Putih Narapidana, yang Alhamdulillah di-support oleh Direktorat Bina Konstruksi Kementrian PUPR. Harapan kita bersama program ini mampu menelurkan WBP yang berkemampuan khusus di bidang jasa konstruksi sebagai bekal mereka kembali ke masyarakat sebagai manusia yang mandiri, " ungkap Utami.

Sebanyak 10 lapas yang narapidananya diresmikan sebagai peserta pelatihan jasa konstruksi adalah Lapas Klas I Makassar (100 wbp), Lapas Klas 1 Medan (150 wbp), Lapas Klas 1 Palembang (30 wbp), Rutan Klas 1 Tangerang (100 wbp), Lapas Klas III Bekasi (100 wbp), Lapas Klas I Surabaya (100 wbp), Lapas Klas III Banjar Baru (100 wbp), Lapas Klas IIA Ambon (50 wbp), Lapas Klas IIB Karang asem (20 wbp) dan Lapas Klas IIA Kupang (100 wbp).

"Total 910 orang narapidana hari ini menjadi peserta pelatihan Jasa Konstruksi, dan insyaallah akan diikuti lapas-lapas lain, agar semakin banyak WBP yang terserap berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi bangsa," kata Utami optimistis.

"Ini adalah bekal yang dapat kami berikan kepada WBP, agar kelak saat bebas dapat berkarya di bidang jasa konstruksi dan mendapatkan hak remunerasi yang layak sesuai UU Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017, " ujar Syarif Burhanudin, Direktur Jenderal Bina Konstruksi.

Menurutnya, WBP yang mengikuti pelatihan tersebut akan mendapatkan sertifikasi sesuai bidang kekhususannya, yaitu tukang batu, tukang kayu, besi dan las.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Harun Sulianto menjelaskan bahwa WBP yang mengikuti program pelatihan ini adalah WBP yang sudah menjelang bebas.

"Minimum 1 tahun sisa pidananya atau yang memasuki 2/3 masa pidana," kata Harun, "dan Alhamdulillah 10 orang narapidana yang mengikuti pelatihan di Nusakambangan telah dipekerjakan PT Brantas Abipraya untuk membangun Rumah Susun bagi pegawai di Pulau Nusakambangan."

Direktur Jenderal Pemasyarakatan kembali menggaungkan Revitalisasi Pemasyarakatan dalam program pelatihan jasa konstruksi ini.

"Pelatihan ini menjadi bagian dari instrumen Penilaian Perubahan Perilaku WBP dalam Revitalisasi Pemasyarakatan, WBP akan ditempatkan dan dibina sesuai dengan nilai pembinaan yang dihasilkan, " ucap Utami.

Dia menjelaskan pihaknya ingin menghasilkan WBP yang siap dan mandiri secara mental, spiritual dan ekonomi untuk kembali hidup baik di tengah masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper