Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jemaah Haji Indonesia Mulai Pulang, Ini Jadwalnya

Fase pemulangan jemaah haji ke Tanah Air sudah dimulai, ditandai dengan pelepasan 455 jemaah Debarkasi Palembang yang berasal dari kloter PLM-001, Senin (27/8/2018).
Ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah./Reuters-Ahmad Masood
Ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah./Reuters-Ahmad Masood

Bisnis.com, JAKARTA – Fase pemulangan jemaah haji ke Tanah Air sudah dimulai, ditandai dengan pelepasan 455 jemaah Debarkasi Palembang yang berasal dari kloter PLM-001, Senin (27/8/2018). Mereka diberangkatkan dari Hotel Waf Al-Ihsan di Misfalah, Makkah.

Mereka dilepas Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel; Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali; Inspektur Jenderal Kemenag Nur Kholis Setiawan; Kepala Daerah Kerja Makkah Endang Jumali; serta sejumlah petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Kepada jemaah yang hendak pulang ke Tanah Air, Nizar Ali berpesan agar tetap menjaga kemabruran dengan jalan meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.

“Setibanya di Tanah Air, seluruh jemaah diharapkan dapat menjaga kemabruran haji dengan jalan meningkatkan ketakwaan kepada Allah,” papar Nizar Ali sebagaimana dilansir website resmi Kemenag.

Menurutnya, tanda haji mabrur adalah bersikap zuhud terhadap dunia dan lebih cinta kepada akhirat. “Inilah yang harus dijaga betul,” ungkap Nizar.

Dubes Agus Maftuh menambahkan jemaah haji Indonesia sangat dimanjakan oleh Arab Saudi. “Menurut penilaian mereka, dalam hal ini Gubernur Makkah, jemaah yang paling rapi, bagus, dan disiplin adalah jemaah haji Indonesia. Terima kasih atas kerapian, kesopanan dan kedisiplinan yang telah ditunjukkan selama di Tanah Suci,” ujarnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Hari pertama kepulangan jemaah diikuti 15 kloter atau 6.026 jemaah. Untuk PLM-001 diterbangkan Senin pukul 12.15 WIB, disusul Kloter 1 Debarkasi Surabaya pada pukul 13.45 WIB yang membawa 450 jemaah.

Selepas itu, menyusul penerbangan Kloter 1 Debarkasi Jakarta-Bekasi pada 14.05 WIB dan Kloter 1 Debarkasi Padang pada pukul 15.20 WIB. Hari perdana kepulangan gelombang pertama ditutup Kloter 13 Debarkasi Solo yang terbang dari Jeddah pukul Selasa (28/8/2018) 02.05 WIB.

Semua kloter gelombang pertama akan diterbangkan kembali ke Tanah Air melalui Bandara King Abdulaziz Jeddah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Kemenag.go.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper