Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solidaritas Bagi Korban Gempa Lombok Warnai Pesta Rakyat RI di Austria

Dalam rangka perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wina menyelenggarakan Pesta Rakyat yang berlangsung di halaman KBRI di Wina, Austria, Sabtu (25/8/2018).
Suasana Pesta Rakyat merayakan HUT Ke-73 RI yang diselenggarakan oleh KBRI di Wina, Austria, Sabtu (25/8)./Istimewa
Suasana Pesta Rakyat merayakan HUT Ke-73 RI yang diselenggarakan oleh KBRI di Wina, Austria, Sabtu (25/8)./Istimewa

Bisnis.com, WINA -- Dalam rangka perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wina menyelenggarakan Pesta Rakyat yang berlangsung di halaman KBRI di Wina, Austria, Sabtu (25/8/2018).
 
Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan warga masyarakat dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia, warga Austria, serta warga negara asing lainnya. Walaupun hujan membasahi halaman KBRI di Wina, para pengunjung tetap antusias dan menikmati acara tersebut.
 
Masyarakat dihibur dengan penampilan berbagai lagu pop Indonesia dan Barat, alunan musik gamelan, tari tradisional Indonesia, dan musik dangdut yang dibawakan oleh sejumlah masyarakat Indonesia serta diaspora Indonesia yang datang dari berbagai kota di Austria.
 
“Pesta Rakyat ini diselenggarakan untuk memperingati HUT Ke-73 RI dan sebagai wadah untuk berpesta dan bergembira bersama,” ujar Duta Besar RI untuk Austria Dr. Darmansjah Djumala dalam keterangan resmi, Minggu (26/8).

Acara Pesta Rakyat sebenarnya merupakan kegiatan tahunan dalam rangkaian perayaan HUT RI. Sebelum Pesta Rakyat, KBRI Wina telah lebih dulu menyelenggarakan sejumlah lomba olahraga, seperti badminton, gerak jalan, boling, dan tenis meja.
 
Namun, berbeda dengan Pesta Rakyat sebelumnya, kali ini masyarakat Indonesia di Wina menunjukkan solidaritas bagi warga Lombok yang terkena musibah gempa bumi beberapa waktu lalu. 
 
“Di tengah kegembiraan kita kali ini, seluruh warga Indonesia di Austria dan Slovenia juga turut merasakan keprihatinan yang mendalam atas musibah gempa bumi di Lombok dan beberapa daerah Nusa Tenggara Barat (NTB). Oleh karena itu, hal yang sedikit berbeda dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya adalah bahwa hasil penjualan kupon undian berhadiah kali ini akan kita sumbangkan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa bumi di Lombok, NTB sebagai bagian dari ungkapan rasa solidaritas kita bagi saudara-saudara kita di NTB,” papar Djumala.
 
Keanekaragaman budaya Indonesia tidak hanya muncul dalam panggung musik dan hiburan, tapi juga dalam berbagai kuliner yang dijual dalam Pesta Rakyat.

Tahun ini, berbagai stand yang menghadirkan makanan khas Indonesia seperti sate, bakso, bakwan malang, nasi padang, biji salak, hingga mie ayam. Makanan-makanan tentunya laris diserbu para pengunjung yang umumnya datang untuk mengobati rasa rindu terhadap Tanah Air dan bersilaturahmi dengan sesama komunitas Indonesia di Austria.  
 
Pesta Rakyat tersebut juga diramaikan berbagai perlombaan untuk orang dewasa dan anak-anak seperti lomba tradisional makan kerupuk, lomba joget dangdut, lomba kelereng, dan lomba poco-poco. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang undian berhadiah dengan hadiah utama berupa tiket pesawat Wina-Jakarta PP.
 
Pesta Rakyat diharapkan tidak hanya dapat menghibur tapi menjadikan perwakilan RI di Austria sebagai "rumah" bagi seluruh masyarakat Indonesia di Austria dan Slovenia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper