Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

John McCain Meninggal Dunia

Mantan calon presiden Amerika Serikat pada pemilihan presiden pada 2008 John McCain meninggal dunia pada Sabtu (25/8) waktu Washington. Dia dikenal sebagai sosok yang kerap mengkritik Presiden AS Donald Trump.
John McCain/pbs.org
John McCain/pbs.org

Bisnis.com, JAKARTA—Mantan calon presiden Amerika Serikat pada pemilihan presiden pada 2008 John McCain meninggal dunia pada Sabtu (25/8) waktu Washington.

Dia dikenal sebagai sosok yang kerap mengkritik Presiden AS Donald Trump.

McCain yang menjabat sebagai senator Arizona selama lebih dari 3 dekade tersebut dikabarkan meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker otak glioblastoma yang dideritanya sejak 2017.

Akibat penyakitnya tersebut, tahun ini dia belum pernah hadir di gedung Capitol AS sepanjang tahun ini.

Dikutip dari Reuters, pada Jumat (24/8) waktu setempat, pihak keluarga menyatakan proses penyembuhan telah dihentikan. Sehari kemudian, dia meninggal di rumahnya, di temani oleh istrinya, Cindy, dan keluarganya.

“Dia telah melayani Amerika Serikat dengan penuh kepercayaan selama 60 tahun,” tulis pihak keluarga dalam pernyataan resminya, seperti dikutip oleh Reuters.

Berdasarkan kabar dari keluarganya, McCain yang kerap bersitegang dengan Trump, berpesan agar sang presiden tidak menghadiri pemakamannya.

Meninggalnya McCain yang juga mantan tahanan perang Vietnam direspons oleh Gedung Putih dengan menurunkan bendera setengah tiang untuk menghormati kepergiannya. Hal itu dilakukan beberapa jam setelah Trump menyampaikan duka citanya melalui Twitter.

Upacara penghormatan akan dilakukan di Washington National Cathedral sebelum dikuburkan di Annapolis, Maryland. Wakil Presiden AS Mike Pence dikabarkan akan menghadiri upacara tersebut sebagai perwakilan resmi dari Gedung Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper