Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korupsi Pejabat dan Politisi Perlambat Pertumbuhan Indonesia

Selain sumber daya manusia yang kurang bisa berkompetisi, korupsi di kalangan pejabat dan politisi membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih lambat dari negara lain.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA- Selain sumber daya manusia yang kurang bisa berkompetisi, korupsi di kalangan pejabat dan politisi membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih lambat dari negara lain.

Rizal Ramli mengungkap tiga faktor penyebab pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat dibanding negara-negara Asia lainnya, seperti Korea dan Malaysia.

Hal itu dikatakan Rizal Ramli di hadapan ratusan peserta International Interdisciplinary Conference on Sustainable Development Goals (IICDDGs) 2018 yang digelar Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Bisnis (STIMB) di Grand Palace Convention Center, Gorontalo, Sabtu (25/8/2018).

Pria yang akrab disapa RR itu mengatakan, bahwa 45 tahun lalu negara-negara seperti China, Jepang, Korea, dan Malaysia  sama miskinnya dengan Indonesia. Rata-rata penghasilan masyarakatnya cuma 100 dolar AS per tahun.

“Kini Korea 44 ribu dolar, 13 kali dari kita. Taiwan 13 kali dari kita, Malaysia 3 kali dari kita, dan Vietnam yang miskin kini melebihi kita," ujarnya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

RR menguraikan bahwa ada tiga penyebab lambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertama adalah faktor korupsi di kalangan pejabat.

Menurutnya, praktik korupsi meningkat akibat Indonesia masih menggunakan model demokrasi kriminal. Demokrasi ini membuat ratusan bupati, gubernur, dan anggota dewan terjerat kasus korupsi.

Jika ditotal, lanjutnya, kerugian negara yang diakibatkan korupsi mencapai Rp75 triliun per tahun.

Akar dari demokrasi seperti ini, tuturnya, adalah tidak adanya pembiayaan dana partai politik dari negara. Sehingga, para pejabat yang notabenenya adalah kader parpol terpaksa mencuri anggaran negara untuk "bertahan hidup".

“Jadi harus kita ubah ke demokrasi akuntabel. Caranya, ubah pembiayaan parpol. Parpol dibiayai negara sehingga fokus pada tugas mencari orang yang amanah dan kapabel,” tukas mantan anggota tim panel ekonomi PBB itu.

Kedua, sambung RR, adalah faktor sumber daya manusia. Indonesia, kata dia, memiliki kualitas pemuda yang gesit-gesit. Namun kreativitasnya dipakai ke arah negatif. Ini harus diubah ke kreativitas yang positif dengan cara menggelar banyak kompetisi.

“Harus dianggarkan Rp 20 triliun untuk kompetisi. Siapa yang menang harus diberi beasiswa. Kita ini pintar-pintar, tapi tidak biasa berkompetisi,” ujar RR.

Sementara itu, faktor yang terakhir yang membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia lamban adalah sistem ekonomi yang menggantungkan diri pada utang. Sehingga ada rem otomatis yang memperlambat laju perkembangan Indonesia.

“Model pembangunan ini tergantung utang. Begitu ekonomi tinggi, utangnya nambah, jadi harus dikurangi. Jadi ada semacam rem otomatisnya,” jelas RR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper