Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bappenas Optimis Target 10 Juta Penerima BPNT Tercapai

Pemerintah optimistis target sekitar 10 juta keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga akhir tahun ini bakal tercapai dengan baik, meskipun realisasi saat ini sempat terkendala sejumlah permasalahan teknis.
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro/ANTARA-Nyoman Budhiana
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro/ANTARA-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah optimistis target sekitar 10 juta keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga akhir tahun ini bakal tercapai dengan baik, meskipun realisasi saat ini sempat terkendala sejumlah permasalahan teknis. 

 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa program untuk memperluas bantuan pangan non tunai yang targetnya 10 juta keluarga penerima tahun ini tetap dilanjutkan.

 

"Karena perkembangan sejauh ini sudah sangat baik, memang masih ada beberapa hal teknis yang harus disempurnakan di lapangan, tapi secara umum polanya sudah berjalan dengan baik sehingga target kita tahun ini bisa tercapai," tegasnya usai Rakor Perluasan BPNT Tahap II di Kemenko PMK, Kamis (23/8/2019).

 

Bambang mengakui bahwa proses penyaluran BPNT hingga saat ini .asih menghadapai sejumlah kendala teknis, seperti ganguan signal pada mesin electronic data capture (EDC) pada E-Warong (Eelektronik Warung Gotong Royong) yang digunakan masyarakat untuk mencairkan BPNT, serta kendala ketersediaan suplaier bahan pangannya.

 

"Ini lebih kepada masalah signal karena kan ada sistem EDC di daerah, kemudian ketersediaan warung atau supplier dari bahan pangannya. Tapi tidak ada masalah mendasar yang menggangu pelaksanaan," tuturnya.

 

Pihaknya juga mengatakan bahwa perluasan BPNT yang akan dilakukan pemerintah pada tahun ini juga tidak ada perubahan pada komponen jenis bantuannya.

 

Adapun untuk tahun depan, pemerintah menaikkan target jumlah penerima manfaat menjadi sekitar 15 juta keluarga. "Tahun depan targetnya sekitar 15 juta," tuturnya.

 

Sementara itu, Menteri Sosial Idrus Marham memastikan bahwa bantuan pangan non tunai (BPNT) tahap II akan diperluas kepada 59 kabupaten / kota dengan penerima manfaat sebanyak 3,5 juta keluarga. 

 

Perluasan BPNT tersebut akan mulai dikucurkan pemerintah pada Oktober tahun ini untuk mendorong pencapaian target realisasi terhadap 10 juta keluarga penerima manfaat.

 

"BPNT diperluas kepada 59 kabupaten /kota dengan sebanyak 3,5 juta keluarga penerima. Tadi kita bahas persiapan dan semua tidak ada masalah dilapangan. Tinggal kita undang kepala daerah supaya pelaksanaan BPNT pada oktober itu berjalan dengan tuntas," ujarnya, Kamis (23/8/2018).

 

Idrus menerangkan bahwa saat ini daerah yang menerima BPNT sebanyak 109 kabupaten/kota dengan jumlah penerima 4,9 juta keluarga.

 

Pihaknya menegaskan bahwa perluasan penerima BPNT tersebut merupakan bagian dari perencaan pemerintah sejak semula di mana hingga akhir tahun ini diharapkan dapat terealisasi hingga 10 juta keluarga penerima.

 

"Jadi memang sudah dalam perencanaan dan kita proyeksikan sampai akhir tahun ini sudah 10 juta keluarga penerima," ujarnya.

 

Pihaknya memastikan pemerintah selalu melakukan evaluasi atas penyaluran BPNT tersebut secara berkelanjutan untuk memastikan bahwa bantuan sosial itu tepat sasaran dan termanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper