Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Salurkan 264.000 ton Cadangan Beras Pemerintah ke Lombok

Perum Bulog menyalurkan 264.000 ton cadangan beras pemerintah (CBP) kepada Lombok sebagai bantuan atas bencana gempa bumi yang belum berakhir.
Beras Bulog/JIBI-Paulus Tandi Bone
Beras Bulog/JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Bulog menyalurkan 264.000 ton cadangan beras pemerintah (CBP) kepada Lombok sebagai bantuan atas bencana gempa bumi yang belum berakhir.


Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Tri Wahyudi Saleh mengatakan alokasi CBP sudah disiapkan minimal 100 ton untuk setiap Kabupaten/Kota  dan 200 ton bagi setiap Provinsi untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan tanggap darurat seperti bencana alam dan rawan pangan. 


Menurut Tri gudang Bulog di Nusa Tenggara Barat beberapa mengalami kerusakan. Maka itu beras yang berada di gudang akan dikeluarkan sesuai dengan permintaan Pemerintah Daerah atau dipindahkan ke ilayah lain. 


Tri menambahkan, saat ini stok beras yang tersedia di NTB mencapai 76 ribu ton. Menurutnya dengan stok tersebut dapat dikatakan aman untuk ketahanan stok beberapa bulan kedepan sehingga tidak ada perlu kekhawatiran masyarakat dan pemerintah daerah.

"Stok beras Bulog secara nasional lebih dari 2 juta ton, gudang-gudang Bulog di seluruh Indonesia siap menyalurkan stok tersebut bila sewaktu-waktu dibutuhkan Pemerintah baik untuk bencana alam maupun untuk stabilisasi harga.

Dengan stok yang cukup besar, artinya Bulog siap menjaga 3 pilar ketahanan pangan Nasional yakni Pilar Ketersediaan, Keterjangkauan, dan Stabilisasi " katanya, Selasa (21/8).


Selain memberikan bantuan melalui CBP, Perum Bulog melalui program Bulog Peduli juga menyalurkan bantuan kepada korban gempa Lombok berupa makanan dan kebutuhan sandang lainnya senilai Rp433 juta termasuk Beras KITA premium sejumlah 10 ton.

Bantuan tersebut diambil dari dana program Corporate Social Responsibility (CSR) Perum Bulog sebagai bentuk kepedulian Bulog kepada dampak gempa Lombok yang sangat membutuhkan bantuan.


Bulog Peduli juga mengerahkan bantuan Tim Kemanusian untuk merehabilitasi psikologis dampak korban gempa, telah hadir di wilayah Lombok Utara dampak gempa terbesar sebanyak 30 orang relawan dari Bulog Pusat dengan dibantu relawan dari Perum Bulog Divre NTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper