Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Indonesia di Austria Peringati HUT Ke-73 RI

Tema solidaritas diangkat dalam upacara peringatan HUT Proklamasi RI ke-73 yang berlangsung di KBRI Wina, Austria, Jumat (17/08/2018).
Peringatan HUT Ke-73 RI di KBRI Wina/
Peringatan HUT Ke-73 RI di KBRI Wina/

Kabar24.com, WINA - Tema solidaritas diangkat dalam upacara peringatan HUT Proklamasi RI ke-73 yang berlangsung di KBRI Wina, Austria, Jumat (17/08/2018).

“Indonesia harus tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa tanpa membeda-bedakan asal usul suku, agama, ataupun golongan, agar Indonesia menjadi sebuah kekuatan yang disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia,” ujar Duta Besar RI di Austria, Dr. Darmansjah Djumala, saat peringatan HUT RI di Wina, Austria, Jumat. 

Lebih lanjut, Djumala menekankan bahwa dengan semangat persatuan, peduli, dan berbagi, ditambah kerja bersama, kita akan mampu menghadapi seluruh tantangan masa depan, mencapai prestasi bangsa.

Terkait solidaritas dan peduli antar sesama anak bangsa, Djumala juga mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama berdoa bagi masyarakat Indonesia di NTB yang tertimpa musibah gempa bumi, dengan harapan agar proses pemulihan pasca-gempa dapat berjalan lancar.

Djumala juga menyampaikan, sebagaimana amanat Presiden RI, perlunya dipastikan negara bekerja nyata mengurus dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Pengejawantahannya di Perwakilan RI adalah melalui pelayanan bagi WNI yang berada di negara akreditasi. KBRI Wina dalam hal ini  senantiasa melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan WNI melalui pembinaan hubungan baik dengan masyarakat Indonesia di Austria dan Slovenia,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan diplomasi di negara akreditasi, Djumala mengemukakan bahwa diplomasi harus memberi manfaat nyata bagi rakyat dan mengacu kepada kepentingan rakyat secara riil. Untuk itu, KBRI Wina akan terus aktif mempromosikan pariwisata dan produk-produk ekspor unggulan Indonesia ke pasar Austria sebagai bentuk dukungan riil terhadap pembangunan ekonomi Indonesia.

Di bidang diplomasi budaya, KBRI Wina telah secara intensif melakukan berbagai kegiatan promosi seni-budaya Indonesia di Austria. Sejak Maret 2018 KBRI Wina bekerja sama dengan University of Vienna membuka program pengajaran Bahasa Indonesia bagi mahasiswa dan tenaga pengajar di institusi tersebut.

Dalam konteks multilateral, Djumala menyampaikan bahwa KBRI Wina terus berupaya meningkatkan diplomasi multilateral. Sejak bulan September 2017, Indonesia telah dipercaya untuk menjabat Ketua Dewan Gubernur IAEA, memimpin 170 negara anggota IAEA dalam pertemuan-pertemuan untuk menentukan kebijakan program dan arah kerja IAEA.

Berkat kerja keras dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia, Indonesia mendapatkan apresiasi dari negara-negara anggota lainnya atas kiprah kepemimpinan di IAEA.

Peringatan HUT RI ke-73 kali ini ditutup dengan acara pemotongan tumpeng dan foto bersama dengan masyarakat Indonesia. Sebagai bagian dari tradisi KBRI Wina, potongan tumpeng pertama diserahkan langsung oleh Duta Besar RI kepada WNI senior dan anggota Diaspora Indonesia senior di Austria sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi yang diberikan dalam ikut menyukseskan program-program kegiatan KBRI Wina terkait penguatan hubungan bilateral RI - Austria.

Dalam kesempatan kali ini, potongan tumpeng pertama diserahkan kepada Nurani Setiadipradja, seorang warga negara Indonesia yang telah berdiam lama di Austria dan Robert Dani, diaspora Indonesia pemilik usaha travel di kota Wina.

Upacara pengibaran bendera merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 yang diselenggarakan oleh KBRI/PTRI Wina. Sebelumnya KBRI/PTRI Wina juga mengadakan berbagai lomba olahraga yang diikuti masyarakat Indonesia di Austria. Di samping upacara dan lomba olah raga, KBRI/PTRI Wina juga akan menggelar acara Pesta Rakyat pada tanggal 25 Agustus 2018 dan Resepsi Diplomatik pada tanggal 7 September 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper