Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solid, 9 Ketum Parpol Pengusung Jokowi Kumpul di Plataran Menteng

Sembilan partai politik pendukung koalisi pengusung calon presiden Joko Widodo sudah memasuki Plataran Menteng, lokasi pertemuan yang dipakai membahas rencana deklarasi calon presiden dan calon wakil presiden pada tahun mendatang.
Calon Presiden Joko Widodo mamasuki kawasan Plataran Menteng untuk melakukan deklarasi capres-cawapres./Bisnis-Amanda K Wardhani
Calon Presiden Joko Widodo mamasuki kawasan Plataran Menteng untuk melakukan deklarasi capres-cawapres./Bisnis-Amanda K Wardhani

Kabar24.com, JAKARTA — Sembilan partai politik pendukung koalisi pengusung calon presiden Joko Widodo sudah memasuki Plataran Menteng, lokasi pertemuan yang dipakai membahas rencana deklarasi calon presiden dan calon wakil presiden pada tahun mendatang.

Sekitar pukul 17.00 WIB, Presiden Joko Widodo dengan iring-iringan terlihat memasuki Pelataran Menteng. Sesaat sebelum Jokowi datang, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri juga sudah datang bersama Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam satu mobil.

Tak hanya itu, sebelumnya beberapa ketua umum partai politik pendukung Jokowi juga terlihat sudah memasuki Pelataran Menteng antara lain Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy, dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh.

Nampak pula Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

"Koalisi sangat solid kami bangun keadaban politik baru, politik tanpa mahar tanpa syarat dan memegang konsisten dalam memegang komitmen pilitik kita," kata Sekjen Partai Nasional Demokrat Jhonny G Plate di Pelataran Menteng, Kamis (9/8/2018).

Menurutnya, pertemuan hari ini bakal membahas persiapan administrasi dan teknis. Persiapan teknis tersebut meliputi rencana pendaftaran esok, Jumat (10/8/2018) dan persiapan dokumen.

"Salah satu dokumen yg penting di dalamnya adalah kesepakatan diantara partai koalisi untuk bekerjasama mengusung pasangan calon. Dan pasangan calon dengan partai koalisi. Itu berarti sudah ada nama capres dan ada nama cawapres. Ini yang akan diselesaikan sore ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar memastikan partainya masih solid menjadi pendukung koalisi Jokowi.

"Yang penting kita join dulu. Tetap bergabung, tidak ada alternatif lain," ucapnya.

Di sisi lain, Mahfud MD, tokoh yang digadang-gadang menjadi cawapres Jokowi, sudah berada di Restoran Tesate, yang bersebrangan dengan lokasi Pelataran Menteng sebelum Jokowi datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper