Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Malam Ini, Jokowi dan 9 Ketum Parpol Pendukungnya Bahas 2 Hal Berikut

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy mengungkapkan bahwa nanti malam akan ada pertemuan kembali Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para ketua umum partai politik pendukung di Istana Merdeka Jakarta.
Presiden Jokowi bertemu dengan ketua umum partai politik yang mengusungnya sebagai calon presiden 2019./Dok.Setpres
Presiden Jokowi bertemu dengan ketua umum partai politik yang mengusungnya sebagai calon presiden 2019./Dok.Setpres

Bisnis.com, BOGOR  - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy mengungkapkan bahwa nanti malam akan ada pertemuan kembali Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para ketua umum partai politik (ketum parpol) pendukung di Istana Merdeka Jakarta.

"Insya Allah habis isya di Istana Merdeka," kata Rommy usai mendampingi Presiden menghadiri peresmian pembukaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Angkatan XII Tahun 2018 di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (8/8/2018).

Ketum PPP ini mengungkapkan bahwa pertemuan ini salah satunya akan membahas formasi partai koalisi yang mendukung Jokowi kembali maju menjadi calon Presiden periode 2019-2024. Sejauh ini, ada sembilan parpol yang mendukung Jokowi yakni PDIP, Golkar, PPP, NasDem, PKB, Hanura, PSI, Perindo, PKPI.

"Seperti yang saya sampaikan, setelah pertemuan 23 juli lalu apakah koalisi ini masih akan bertambah lagi dengan parpol berikutnya atau tidak," ucapnya.

Rommy menyatakan kemungkinan bertambahnya koalisi ini bisa terjadi setelah ada pertemuan Presiden dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

"Saya sampaikan bahwa kewenangan tambahan parpol itu bukan di tangan Pak Jokowi, tapi oleh para ketua umum yang sudah bergabung, sehingga itulah yang akan kita pastikan dalam pertemuan yang akan digelar malam nanti," tutur Rommy.

Kedua, lanjutnya, pertemuan tersebut juga akan membahas penyampaian ke publik calon Wakil Presiden dari Jokowi diumumkan.

"Sejauh ini, saya terakhir dengan Presiden tadi dan kemarin bahwa kita akan mendaftar pada tangal 10 Agustus seperti yang berkali-kali saya sampaikan," ungkapnya.

Terkait belum diumumkan siapa calon wakil presiden dari Jokowi, Rommy mengatakan bahwa parpol koalisi pendukung Jokowi ingin memberikan kesempatan parpol manapun yang ingin bergabung.

"Paling tidak mereka diajak rundingan terakhir, walaupun hanya satu, dua kali untuk bersama-sama mengambil keputusan tentang calon wakil presiden, sehingga bukan keputusan pribadi Pak Jokowi, tetapi keputusan Pak Jokowi bersama ketua Umum partai pendukung," ujarnya menjelaskan.

Rommy menegaskan bahwa pengumuman akan dilakukan setelah pertemuan nanti malam, apakah mendahuli sebelum pendaftaran atau bersamaan dengan pendaftaran.

"Tetapi saat pengumuman, para ketua umum partai pendukung akan mendampingi, karena ini bagian dari kebersamaan dan kekompakan," kata Rommy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper