Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hubungan Dagang Dibekukan, Penerbangan Arab Saudi-Kanada Dihentikan

Maskapai penerbangan Arab Saudi menghentikan penerbangan ke Toronto dan sebaliknya menyusul pembekuan hubungan dagang kedua negara setelah Kanada menyerukan pembebasan aktivis hak asasi manusia (HAM) yang ditahan di kerajaan tersebut.
Maskapai Air Canada/tradearabia.com
Maskapai Air Canada/tradearabia.com

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan Arab Saudi menghentikan penerbangan ke Toronto dan sebaliknya menyusul pembekuan hubungan dagang kedua negara setelah Kanada menyerukan pembebasan aktivis hak asasi manusia (HAM) yang ditahan di kerajaan tersebut.

Sementara itu, Amerika Serikat meminta Arab Saudi untuk menjelaskan secara detail tentang penahanan para aktivis, dan meminta kerajaan itu menghormati proses hukum. Pernyataan itu merupakan yang pertama dikeluarkan AS sejak sejak perselisihan antara Riyadh dan Ottawa bermula.

"Kami telah meminta Pemerintah Arab Saudi untuk informasi tambahan tentang penahanan beberapa aktivis," kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataannya.

SIMAK: Reformasi Setengah Hati  Oleh Pangeran Arab Saudi

Sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu menyebutkan Arab Saudi dan Kanada sebagai "sekutu dekat."

"Kami terus mendorong pemerintah Arab Saudi untuk menghormati proses hukum dan mempublikasikan informasi tentang status kasus hukum," ujar pejabat itu menambahkan sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (7/8/2018).

Usir Dubes Kanada

Arab Saudi mengusir duta Besar Kanada dan memanggil Duta Besarnya di negara tersebut akibat perseteruan soal pembebasan para aktivis.

Menlu Kanada Chrystia Freeland mengatakan pihaknya akan selalu membela hak asasi manusia di Kanada dan di seluruh dunia, dan hak-hak perempuan adalah hak asasi manusia. 

Riyadh memanggil Duta Besarnya dari Kanada pada Minggu (5/8/2018) dan memberi waktu Duta Besar Kanada 24 jam untuk meninggalkan negara tersebut. 

Pemerintah Saudi juga melarang perdagangan baru dengan Kanada, meskipun tidak jelas apakah itu akan memengaruhi perdagangan Saudi-Kanada tahunan yang nilainya hampir US$4 miliar dan kontrak pertahanan senilai US$13 miliar.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengkritik lagi Kanada untuk membebaskan aktivis masyarakat sipil yang ditangkap sebagai posisi yang dibangun di atas informasi yang "menyesatkan".

Kerajaan Arab Saudi juga akan menangguhkan program pertukaran pendidikan dengan Kanada dan memindahkan penerima beasiswa Saudi ke negara lain, menurut laporan media lokal.

"Ini akan memalukan bagi para siswa jika mereka kehilangan kesempatan untuk belajar di sini," kata Freeland kepada wartawan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper