Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAN Tentukan Dukungan Capres dalam Rakernas Pekan Depan

Dukungan Partai Amanat Nasional (PAN)  dalam Pilpres 2019 akan ditentukan pada rapat kerja nasional yang dihelat Senin dan Selasa pekan depan di Jakarta.    
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan/Instagram@amanatnasional
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan/Instagram@amanatnasional

Kabar24.com, JAKARTA - Dukungan Partai Amanat Nasional (PAN)  dalam Pilpres 2019 akan ditentukan pada rapat kerja nasional yang dihelat Senin dan Selasa pekan depan di Jakarta.    

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengatakan partainya belum menentukan arah dukungan untuk Joko Widodo atau Prabowo Subianto. Dia mengatakan dukungan partainya akan ditentukan pada rapat kerja nasional yang dihelat Senin dan Selasa pekan depan di Jakarta.

"Tunggu rakernas, Senin dan Selasa prosesnya," kata dia di Jakarta, Sabtu, 4 Agustus 2018 seperti dikutip Tempo.co.

Zulkifli mengatakan dalam rapat tersebut partainya akan membahas pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019. Namun, dia enggan menjelaskan apakah hasil rakernas akan mencapai kesimpulan pada arah koalisi atau sampai pada dukungan ke salah satu capres. "Nanti tunggu keputusan rakernas saja," kata dia.

Sebelumnya, partai koalisi pendukung Jokowi masih membuka pintu bagi PAN untuk bergabung dengan mereka. Sinyal masih dibukanya pintu bagi PAN tersiar setelah rapat para sekjen partai koalisi dengan Jokowi di Bogor pada Selasa, 31 Juli 2018 malam lalu.

Dalam rapat diakui sempat disinggung soal keberadaan PAN di koalisi pendukung Jokowi. "Kami tidak secara spesifik membahas tentang PAN, tetapi dalam konfigurasi pemerintahan sekarang, menteri PAN kan ada di dalam," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Baca: PAN Belum Tentukan Dukung Jokowi atau Prabowo

Menanggapi itu, Zulkifli mengatakan sudah mengetahuinya. Dia mengatakan keputusan partai akan diambil lewat rakernas. "Oh iya tentu, kami akan rakernas hari Senin di Jakarta. Nanti datang aja," kata dia.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan menghormati PAN yang belum memutuskan dukungan. Menurut dia, Partai Gerindra menghormati partai yang memiliki mekanisme sendiri dalam mengambil keputusan. "Setiap partai punya mekanisme masing-masing yang harus dihargai," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper