Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepi, Hari Pertama Pendaftaran Capres & Cawapres di KPU

Pada hari pertama pendaftaran pasangan capres-cawapres, Sabtu (4/8/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menerima satu pun berkas pendaftaran dari gabungan partai politik peserta Pemilu 2019.
Gedung KPU/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Gedung KPU/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA – Pada hari pertama pendaftaran pasangan capres-cawapres, Sabtu (4/8/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menerima satu pun berkas pendaftaran dari gabungan partai politik peserta Pemilu 2019.

KPU RI pun sudah memperkirakan bahwa tidak akan ada bakal pasangan capres-cawapres yang mendaftarpada hari pertama, karena satu hari sebelumnya tidak ada "liaison officer" (LO) partai politik yang menginformasikan kepada KPU.

"Jadi sebenarnya hari ini tidak ada pendaftaran, karena kemarin (Jumat, 3/8/2018) tidak ada pemberitahuan ke kami. Namun, KPU tetap mempersiapkan diri sejak hari pertama dimulainya pendaftaran ini," kata Arief Budiman di Gedung KPU RI Jakarta, Sabtu (4/8/2018) siang.

Arief memperkirakan geliat konsultasi dan pendaftaran berkas pencalonan bakal capres-cawapres akan dimulai pada tiga atau empat hari terakhir masa pendaftaran.

"Kami memperkirakan mungkin sekitar tanggal 8, 9 atau 10 (Agustus) baru akan ada konsultasi dan pendaftaran," tambahnya.

Berdasarkan pantauan, ruang penerimaan berkas capres -cawapres yang berada di ruang rapat lantai 2 Gedung KPU RI masih sepi dan tidak tampak petugas KPU RI berjaga-jaga di ruangan pendaftaran tersebut.

Di dalam ruang rapat tersebut disediakan 50 kursi bagi pengurus partai politik yang mengantarkan bakal pasangan capres-cawapres ke KPU RI.

Sementara itu, di halaman Gedung KPU RI di kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat telah terpasang tenda putih berukuran sekitar 20x40 meter dengan puluhan kursi di dalamnya, yang dapat dipakai oleh 120 pendukung pasangan capres-cawapres.

Di belakang tenda tersebut, sejumlah petugas terlihat sedang membangun sebuah panggung yang akan digunakan untuk konferensi pers para pasangan calon.

Para petugas juga terlihat membersihkan dan mengatur penataan meja dan kursi di ruang transit "VVIP" untuk bakal pasangan capres-cawapres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper