Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korupsi RAPBN-P 2018: Kasubag Program Dinas Pendidikan Diperiksa KPK

Kasubag Program Dinas Pendidikan Ali Ibnu Amar diperiksa KPK sebagai saksi untuk kasus suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Tahun Anggaran 2018.
Gedung KPK/Bisnis-Abdullah Azzam
Gedung KPK/Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Kasubag Program Dinas Pendidikan Ali Ibnu Amar diperiksa KPK sebagai saksi untuk kasus suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Tahun Anggaran 2018.

Ibnu Amar diperiksa untuk tersangka Yaya Purnomo, mantan Kasi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Departemen Keuangan terjaring operasi tangkap tangan KPK pada 4 Mei 2018 lalu di Jakarta.

"Diagendakan pemeriksaan terhadap saksi Ali Ibnu Amar untuk kasus suap terkait dengan usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Tahun Anggaran 2018 dengan tersangka YP," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (2/8/2018).

Yaya Purnomo terbukti menerima suap bersama dengan anggota Komisi XI DPR dari fraksi Partai Demokrat Amin Santono dan perantara dari pihak swasta Eka Kamaluddin.

Selain Yaya Purnomo, KPK juga menetapkan tersangka lain dalam kasus ini, yakni Ahmad Ghiast (Direktur CV Iwan Binangkit). Hari ini Ahmad dijadwalkan menjalani sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Adapun, sebagai penerima Yaya Purnomo disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper