Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batal Maju Jadi Caleg Partai Gerindra, Adhyaksa Dault Pilih Urusi Pramuka

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan bahwa dirinya batal mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif pada pemilu 2019 lantaran ingin fokus di gerakan kepanduan tersebut.
Adhyaksa Dault/Antara
Adhyaksa Dault/Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan bahwa dirinya batal mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif pada pemilu 2019 lantaran ingin fokus di gerakan kepanduan tersebut.

“Saya diminta oleh teman-teman [pengurus pramuka] untuk tidak menjadi caleg. Tadinya saya mau ke Gerindra. Tapi karena permintaan dari kakak-kakak semua dan daerah, minta kepada saya Ketua Kwarnas itu jangan berpartai,” ujarnya di Kantor Wakil Presiden RI, Jumat (27/7/2018).

Dia mengklaim dirinya mengorbankan keinginan pribadi itu untuk kepentingan pramuka. Menurutnya, gerakan pramuka harus dipimpin oleh seorang yang independen tak terikat dengan kepentingan politik.

“Tapi berdasarkan aturan juga belum jelas, tapi etika yang ada itu Ketua Kwarnas [tidak boleh], kalau Kwarda boleh. Dan konsisten untuk tetap menjadi Ketua Kwarnas kontrol dari pramuka seluruhnya, jadi saya tidak jadi menggunakan hak saya menjadi caleg,” ujarnya.

Sebelumnya, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut akan menjadi calon anggota legislatif dari partai besutan Prabowo Subianto dari daerah pemilihan Jakarta atau Sulawesi.

Dia pun menginginkan kembali terpilih menjadi Ketua Kwarnas pada musyawarah nasional akhir September nanti di Kendari.

“Kalau daerah-daerah mendukung ya maju dong. Kalau daerah gak dukung bagaimana mau maju,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper