Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral, Video Hoax Bentrokan Maut Brimob vs TNI AU di Papua. Ini Penjelasan Polri

Polda Papua membantah sebuah video viral yang menayangkan peristiwa kerusuhan yang menyebabkan sejumlah anggota Brimob dan TNI Angkatan Udara gugur di Papua pada Rabu 25 Juli 2018.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Polda Papua membantah sebuah video viral yang menayangkan peristiwa kerusuhan yang menyebabkan sejumlah anggota Brimob dan TNI Angkatan Udara gugur di Papua pada Rabu 25 Juli 2018.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengungkapkan video yang viral di media sosial itu adalah peristiwa lama yang terjadi di depan Universitas Cendrawasih Distrik Abepura Kota Jayapura Papua pada 16 Maret 2006. Saat itu aparat tengah melakukan pengamanan aksi demo.

Menurut Kamal, peristiwa yang ada pada video viral itu tidak ada kaitannya dengan pelaksanaan Pilkada susulan di Kabupaten Paniai.

"Pelaksanaan Pilkada susulan di Kabupaten Paniai berjalan aman dan lancar. Itu video sekitar tahun 2006 saat personel Brimob Polda Papua dan TNI AU mengamankan aksi demo di Universitas Cendrawasih Distrik Abepura Kota Jayapura," tutur Kamal, Kamis (26/7/2018).

Dia mengimbau agar masyarakat tidak menyebarkan video tersebut dan tidak mudah percaya informasi yang beredar serta menjadi viral di dunia maya.

Kamal menyarankan masyarakat tidak mudah terprovokasi video yang belum terkonfirmasi.

"Masyarakat seharusnya tidak mudah percaya dan terprovokasi. Kebersamaan di Jayapura harus dibangun dengan kokoh untuk menjaga persatuan dan kesatuan," kata Kamal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper