Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap, Polisi Berencana Ganti Warna Dasar Pelat Nomor Kendaraan

Kepolisian mungkin akan mengubah warna dasar pelat nomor kendaraan bermotor menjadi lebih terang.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilik kendaraan bermotor di Indonesia ke depan mungkin tidak akan lagi menggunakan pelat nomor kendaraan dengan warna dasar hitam. 

Namun, tanggal pasti perubahan itu belum bisa diketahui dengan pasti. Satu hal yang pasti, Kepolisian mungkin akan mengubah warna dasar pelat nomor kendaraan bermotor menjadi lebih terang.

Koordinator Lantas Markas Besar Polridikabarkan masih mempertimbangkan rencana penerapan perubahan ukuran dan warna tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigadir Jenderal Halim Paggara mengatakan Polisi masih berdiskusi dengan beberapa ahli.

“Belum, masih tahap diskusi FGD (focus group discussion) pada tahun ini,” kata Halim melalui pesan singkat, Kamis (26/7/2018) kepada Tempo. Bila Peraturan Kapolri sudah dibuat, kemungkinan besar kebijakan aturan ini bakal diterapkan mulai tahun depan.

Halim menuturkan, ada beberapa poin yang dibahas dalam diskusi. Poin tersebut adalah mengganti dasar TNKB dengan warna yang lebih terang atau putih. Selama ini, TNKB dengan dasar warna hitam dianggap agak sulit terekam kamera pengawas (CCTV).

"Ada kajian kalau warna selain hitam itu bagus direkam oleh kamera, tapi kalau warna hitam susah direkam kamera, ini kajian dari para ahli saat diskusi. Warna terang seperti warna kuning, merah, ini kan terang," kaya Halim.

Selain itu, Halim mengatakan dalam pembahasan itu turut dirinci soal jenis kendaraan apa saja yang nantinya akan menggunakan pelat nomor model baru itu. Rencanyanya, ia akan mengunjungi sejumlah negara untuk mempelajari penggunaan pelat nomor tersebut.

Sebelumnya, di media sosial beredar unggahan seorang netizen yang menyebutkan kepolisian akan mengganti warna dasar pelat dari hitam ke putih. Dalam unggahan itu disebutkan salah satu alasan Markas Besar Polri mengganti warna dasar dari hitam ke putih adalah agar mudah terekam kamera pengawas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Saeno
Sumber : TEMPO.CO
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper