Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

317 Petugas Haji Sudah Diberangkatkan Ke Tanah Suci

Sebanyak 317 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 1439H/2018M untuk daerah kerja Madinah dan Bandara diberangkatkan menuju Arab Saudi dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (14/7/2018).
Petugas Haji Indonesia pada 2016. /Antara
Petugas Haji Indonesia pada 2016. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 317 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 1439H/2018M untuk daerah kerja Madinah dan Bandara diberangkatkan menuju Arab Saudi dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

PPIH yang diberangkatkan terdiri dari 122 orang petugas haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan 195 orang petugas dari Kementerian Agama (Kemenag).

Sementara itu, pemberangkatan PPIH untuk daerah kerja Makkah akan dilakukan pada Kamis (19/7), yang terdiri dari 148 orang petugas PPIH Kemenkes dan 240 orang petugas PPIH Kemenag.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (16/7), Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Yusuf Singka berharap PPIH Kesehatan dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi karena yang dikerjakan di Arab Saudi menyangkut kesehatan jemaah haji Indonesia di luar negeri. Apalagi, tingginya suhu udara di Tanah Suci yang bisa mencapai lebih dari 50 derajat Celcius dan jemaah berisiko tinggi yang akan berhaji mencapai 63% dari total jemaah.

Dia juga meminta agar PPIH dapat memegang semangat Sigap Handal Amanah Responsif dan Inovatif (SHARI) untuk menjalankan tugas di sana.

“Kita harus memegang semangat SHARI. Sigap Handal Amanah Responsif dan Inovatif. Insyaallah akan dapat menjalankan tugas dengan baik,” kata Eka.

PPIH dari Kemenkes terdiri dari empat tim yaitu tim manajerial, tim promotif preventif (TPP), kuratif rehabilitatif (TKR) dan tim gerak cepat (TGC).

Tim manajerial bertugas untuk mengoordinasikan persiapan dan pelaksanaan kegiatan dalam penyelenggaraan kesehatan haji. Tim promotif preventif bertugas untuk memberikan pelayanan peningkatan kesehatan (promosi) dan pencegahan kesehatan dalam penyelenggaraan kesehatan haji.

Tim kuratif rehabilitatif bertugas memberikan pelayanan kesehatan bagi jamaah haji sakit di pos kesehatan dan klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI), sedangkan Tim gerak cepat bertugas melakukan evakuasi atau pertolongan dalam rangka perlindungan kesehatan haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper