Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Keuangan Inggris Kecam Proposal Brexit May

Industri keuangan di Britania Raya mengecam proposal terbaru dari PM Inggris Theresa May untuk Brexit. Bahkan beberapa di antaranya menyebut proposal itu merupakan hasil yang terburuk.
Theresa May./REUTERS
Theresa May./REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Industri keuangan di Britania Raya mengecam proposal terbaru dari PM Inggris Theresa May untuk Brexit. Bahkan beberapa di antaranya menyebut proposal itu merupakan hasil yang terburuk.

Beberapa eksekutif industri di Inggris menilai rencana May yang ingin menjaga hubungan dengan Uni Eropa (UE) untuk sektor layanan keuangan akan memakan banyak biaya dan merugikan perekonomian Inggris secara meluas.

Mereka juga menilai, proposal semacam itu akan membuat Inggris kehilangan akses mudahnya, sementara untuk pasar terbesar terus berada di bawah pengaruh aturan UE.

Adapun kini May lebih condong kepada keputusan ekuivalen (setara) untuk Inggris, yaitu menggunakan aturan Uni Eropa yang digunakan terhadap negara lain selain UE. Alhasil, perbankan Inggris nantinya bakal kehilangan akses tanpa batasnya untuk pasar UE.

“Kertas putih Brexit kali ini benar-benar mengguncang. Melonggarkan hubungan perdagangan dengan Eropa akan membuat sektor keuangan dan profesional lainnya kesulitan untuk membuka lapangan kerja, menghasilkan pajak, dan mendukung pertumbuhan,” kata Catherine McGuinness, Kepala Kebijakan di City of London Corporation, melalui pernyataan seperti dikutip Bloomberg, Jumat (13/7/2018).

McGuinness menilai ekuivalen tidak cukup baik dan perlu ditingkatkan lagi secara substansial. Adapun kunci utama untuk pengaturan ekuivalen saat ini merupakan skenario terburuk untuk Inggris.

Pasalnya, kemampuan UE yang secara sepihak dapat menarik diri dari kesepakatan dengan pemberitahuan singkat bakal merusak rencana jangka panjang para pebisnis.

Di sisi lain, Chancellor of the Exchequer Philip Hammond mendukung rencana May dan mengatakan proposal itu dapat memberikan kesepakatan yang baik bagi Inggris dan industri keuangannya.

Sejauh ini, dia memang menjadi pendukung setia di dalam Kabinet May untuk terus menjaga hubungan erat dengan UE. “Sektor jasa yang sukses di Inggris—dan khususnya layanan jasa keuangan—selalu menjadi pusat rencana kami. Saya tegaskan bahwa kita harus mendapatkan kesepakatan yang dapat memungkinakan sektor ini terus berkembang,” ujarnya.

Adapun Inggris ingin mengembangkan jangkauan layanan perbankannya lewat aturan ekuivalen dan memiliki lebih banyak input dari bentuk regulasi UE di masa depan. Oleh karena itu, Hammond menuliskan, Inggris akan mendapatkan keuntungan dari negara-negara lainnya sementara membentuk kesepakatan baru dengan UE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper