Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERANG DAGANG AS-CHINA: Produsen Mobil AS Tesla Naikkan Harga di China

Produsen mobil AS Tesla Inc telah menaikkan harga mobil Model X dan S-nya sekitar 20% di China, menjadi produsen mobil pertama yang menaikkan harga di pasar otomotif terbesar di dunia sebagai tanggapan terhadap Perang dagang AS-China.
Tesla/Reuters
Tesla/Reuters

Bisnis.com, BEIJING / SHANGHAI - Produsen mobil AS Tesla Inc telah menaikkan harga mobil Model X dan S-nya sekitar 20% di China, menjadi produsen mobil pertama yang menaikkan harga di pasar otomotif terbesar di dunia sebagai tanggapan terhadap  Perang dagang AS-China.

Langkah ini adalah indikasi pertama tentang seberapa tinggi tarif China --yang lebih tinggi-- pada impor AS tertentu akan mengalir ke lantai ruang pamer, dengan produsen mobil lainnya cenderung mengikuti atau mengalihkan sebagian besar produksi ke China.

"Ini hanya bab satu dari kisah ini," kata James Chao, seorang analis di IHS Markit yang berbasis di Shanghai, yang mengantisipasi lebih banyak perusahaan dari seluruh dunia yang akan terpengaruh oleh pertempuran dagang.

Hadapi Perang Dagang Dengan AS, China Dekati Eropa

PERANG DAGANG CHINA-AS: Usai Ronde I, Trump Rencana Tambah Tarif Lagi

PERANG DAGANG CHINA-AS: Trump Fokus pada Tarif Lebih Tinggi


China menampar tarif pembalasan atas impor mobil AS sebagai tanggapan terhadap tindakan Presiden AS Donald Trump untuk mengenakan tarif pada barang-barang China senilai US$34 miliar.

Tarif China diperkirakan akan merugikan produsen mobil serta perusahaan yang membuat komponen industri di Amerika Serikat, dan menghasilkan kedelai, wiski dan hasil pertanian lainnya.

Khususnya Tesla, dengan cepat membakar uang tunai dan berjuang untuk menghasilkan keuntungan, China adalah kuncinya. Penjualan di negara itu menyumbang sekitar 17% dari pendapatannya tahun lalu.

"Menaikkan harga akan merugikan penjualan, tetapi Tesla yang harus kehilangan uang harus menaikkan harga karena mereka tidak mampu sepenuhnya menyerap biaya lebih tinggi dari tarif," kata analis riset CFRA Efraim Levy.

"Mengingat mereka mengklaim kapasitas terbatas, mereka harus bisa mengalihkan penjualan ke tempat lain."

PERANG DAGANG AS-CHINA: Produsen Mobil AS Tesla Naikkan Harga di China

Pada  Mei itu memangkas hingga US$14.000 dari Model X di China setelah Beijing mengumumkan pemotongan tarif besar untuk mobil impor, tetapi tarif baru itu sekarang telah dihapus.

Sebuah sedan Model S dasar sekarang harganya sekitar 849.900 yuan (US$128.779) naik dari 710.579 pada  Mei, sementara kendaraan sport model X-model biaya sekitar 927.200 yuan sekarang, versus 775.579 yuan pada  Mei, menurut situs webnya.

Pabrik Baru TESLA

Peningkatan harga Tesla datang karena rencananya untuk membangun pabrik di Shanghai untuk melayani pasar China. Perusahaan mengirimkan lebih dari 15.000 mobil per tahun ke China.

Chief Executive Elon Musk diperkirakan  akan mengunjungi Shanghai pada  Selasa, Bloomberg melaporkan, mengutip orang-orang yang akrab dengan rencana tersebut. Musk juga akan mengunjungi Beijing pada Rabu dan Kamis, kata Bloomberg, mengutip salah satu sumber.
PERANG DAGANG AS-CHINA: Produsen Mobil AS Tesla Naikkan Harga di China

Foto-foto:Reuters

Seorang juru bicara Tesla tidak menanggapi permintaan untuk komentar.

Analis terbagi tentang berapa banyak kenaikan harga akan mengganggu pembeli Tesla yang makmur.

"Konsumen Tesla adalah kelompok orang-orang kaya yang unik. Mereka menginginkan lebih banyak citra merek dan pengalaman produk, harga kurang menjadi perhatian mereka," kata Yale Zhang, kepala konsultan Otomotif Foresight yang berbasis di Shanghai, yang percaya konsumen China yang kaya akan tetap membeli Teslas meskipun ada kenaikan harga.

Chao IHS Markit, bagaimanapun, mengatakan banyak pembeli kaya di China menjadi lebih sadar harga dan ingin mendapatkan kesepakatan yang bagus.

Produsen mobil mewah Jerman BMW, yang juga membuat mobil di Amerika Serikat untuk dijual di China, juga telah menandai  akan menaikkan harga pada kendaraan yang dibuatnya di Spartanburg, Carolina Selatan. Dikatakan pada  Jumat bahwa itu tidak dapat "sepenuhnya menyerap" tarif baru.

Daimler AG, produsen mobil Jerman lainnya yang mengimpor mobil buatan AS ke China, mengatakan dalam sebuah pernyataan selama akhir pekan  "bertujuan untuk mempertahankan posisi kompetitif" di China.

Ford Motor Co mengatakan pada  Kamis  tidak akan menaikkan harga mobil yang diimpor untuk saat ini, menekan margin keuntungannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper