Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tutup Rembug Nasional Aktivis 98

Presiden Joko Widodo menutup acara Rembug Nasional Aktivis 98 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/7/2018).
Presiden RI Joko Widodo./Antara
Presiden RI Joko Widodo./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menutup acara Rembug Nasional Aktivis 98 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/7/2018).

"Bangsa kita bangsa yang besar, ada 17.000 pulau, 714 suku. Ini anugerah yang diberikan Tuhan, juga ribuan bahasa," paparnya, seperti dilansir Antara.

Jokowi melanjutkan semua harus menyadari bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, negara yang besar dengan jumlah penduduk mencapai 263 juta jiwa.

Dia juga menyatakan semua patut menyampaikan terima kasih kepada para aktivis 98 yang telah berjuang menghadirkan kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat, dan kebebasan pers di Tanah Air.

"Tetapi, kebebasan itu bukan yang semau-maunya, bukan sebebas-bebasnya karena kita diikat aturan, konstitusi. Kebebasan bukan yang memberi ruang untuk adu domba masyarakat, saling mencela, mencemooh di antara kita sebagai warga yang sebangsa dan se-Tanah Air," tutur Jokowi.

Kepala Negara menilai aset besar bangsa Indonesia adalah persatuan di antara perbedaan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Acara tersebut awalnya direncanakan digelar di Monas. Namun, ada sejumlah rangkaian acara yang dipandang tidak mungkin dilaksanakan di Monas sehingga dipindahkan ke Kemayoran.

Panitia Rembug Nasional Aktivis 98 mengklaim acara ini dihadiri sekitar 60.000 peserta.

Adapun hasil dari acara tersebut di antaranya mengajak semua pihak menolak intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Selain itu, ada pula rekomendasi penetapan korban Semanggi dan Trisakti sebagai pahlawan nasional serta penetapan 7 Juli sebagai Hari Bhineka Tunggal Ika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper