Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Jurusan Paling Diminati di SBMNPTN 2018

Sebanyak 165.831 siswa diterima di 85 perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.
 Ravik Karsidi /wikimedia
Ravik Karsidi /wikimedia

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 165.831 siswa diterima di 85 perguruan tinggi negeri (PTN)  melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

Terkait hal itu Ketua Panitia Pusat SNPMB PTN 2018 Ravik Karsidi menyebut  program studi (prodi) yang paling banyak diminati hampir sama dengan tahun sebelumnya.

"Untuk Saintek yang paling banyak diminati Ilmu Kedokteran, Farmasi, Teknik Informatika, sedangkan untuk Soshum yang paling banyak diminati yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi. Sementara, untuk prodi baru yaitu Aktuaria dan Ilmu Komputer yang sesuai dengan tuntutan perkembangan terakhir atau era revolusi industri 4.0," terang Ravik dalam keterangan tertulis, Selasa (3/7/2018).

Pada tahun ini panitia SNPMB PTN 2018 melakukan terobosan dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu peserta dapat menggunakan sistem Android dalam pelaksanaan ujian.

Sekretaris Panitia Pusat SNPMB PTN 2018 Joni Hermana mengatakan pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem android ini cukup baik.

"Cukup baik artinya proses pengerjaan sesuai yang diharapkan. Namun masih perlu dilakukan perbaikan," terang Joni.

Joni menerangkan hasil evaluasi penggunaan Android, seperti soal ujian yang masih merupakan konversi dari versi cetak sehingga untuk ukuran layar handphone Android yang relatif kecil membuat peserta kesulitan. Selain itu, dari aspek keamanan, karena menggunakan Wi-Fi sehingga masih rentan untuk diretas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper