Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Targetkan Delapan Bendungan Rampung Tahun Ini

Pemerintah pusat menargetkan sebanyak delapan bendungan rampung hingga akhir 2018.
Presiden Jokowi meninjau proyek pembangunan Bendungan Passeloreng di Kabupaten Wajo, Sulsel, Selasa (3/7/2018)./Bisnis-Andini Ristyaningrum
Presiden Jokowi meninjau proyek pembangunan Bendungan Passeloreng di Kabupaten Wajo, Sulsel, Selasa (3/7/2018)./Bisnis-Andini Ristyaningrum

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah pusat menargetkan sebanyak delapan bendungan rampung hingga akhir 2018. Hal itu berarti saat ini pemerintah tengah menggenjot proyek pembangunan bendungan yang dilakukan di sejumlah daerah.

Presiden Joko Widodo menjelaskan saat ini ada 49 bendungan yang dibangun untuk menyiapkan air yang akan mengairi irigasi pertanian di sejumlah daerah di Indonesia.

"Tahun ini akan selesai delapan bendungan yang telah kita kerjakan 3-4 tahun lalu," kata Jokowi saat meninjau proyek pembangunan Bendungan Passeloreng di Kabupaten Sidrap, Sulsel, Selasa (3/6/2018).

Adapun delapan bendungan yang ditargetkan rampung tahun ini yaitu Bendungan Rotiklot di NTT, Tanju-Mila dan Bintang Bano di NTB, Gondang dan Logung di Jawa Tengah, Sei Gong di Batam, dan Sindang Heula di Banten.

Bendungan Passeloreng yang ditinjau Jokowi sendiri akan rampung pada Februari 2019. Perampungannya ditargetkan selesai lebih cepat empat bulan dari jadwal kontrak pada Juli 2019 menjadi Akhir Februari 2019.

"Pembangunan bendungan ini tentunya untuk mendukung program swasembada pangan. Penambahan produksi beras nasional, meningkatkan pendapatan dan standar hidup petani dan menyediakan sistem irigasi sepanjang tahun," jelas Jokowi.

Bendungan Passeloreng merupakan salah satu dari proyek strategis nasional (PSN) yang diprogramkan pemerintahan Jokowi-JK di Sulsel, dua lainnya Karalloe di Kabupaten Gowa dan di Kabupaten Pamukkulu Takalar.

Bendungan Passeloreng termasuk bendungan yang sangat besar sebab membutuhkan lahan seluas 1.849 hektar dengan luas lahan yang saat ini susah dibebaskan yaitu sekitar 681 hektar atau sekitar 36,87%. Diharapkan pula bendungan ini bisa dijadikan air baku bagi masyarakat sekitar dan untuk pembangkit listrik.

"Progres pembangunan Bendungan Passeloreng ini sudah mencapai 73,29%," tambah Jokowi.

Pembangunan tiga bendungan ini akan meningkatkan tampungan air sebesar 261,23 juta meter kubik, salah satunya untuk meningkatkan suplai air irigasi di Sulawesi Selatan yang dikenal sebagai salah satu sentra pangan nasional.

Diketahui, nilai kontrak pembangunannya sebesar Rp701 miliar dan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Bumi Karsa. Sedangkan jika termasuk konsultan sebesar Rp736 miliar.

Dirjen Sumber Daya Air, Imam Santoso menambahkan Bendungan Passeloreng berdaya tampung maksimal 138 juta meter kubik atau 9 kali lebih besar dari Bendungan Raknamo dengan kapasitas 14 juta meter kubik yang diresmikan Presiden Joko Widodo awal tahun 2018 lalu.

"Bendungan ini juga ditargetkan bisa mengairi irigasi seluas 7.000 hektar, serta air baku 305 liter per detik, selain sebagai konservasi sumber daya air, juga untuk mengurangi banjir di Wajo dan sebagai pengendalian banjir Sungai Gilireng (1.002 m3/detik)," jelas Imam.

Terkait pembebasan lahan yang baru mencapai 36,87% , Imam menjelaskan saat ini sisanya masih dalam proses penyelesaian pembayaran bertahap untuk area genangan. Pembayarannya dipastikan akan selesai pada Oktober 2018 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper