Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Kerukunan Beragama, RI-Vatikan Rumuskan Deklarasi Roma

Dialog antar-agama diaspora Indonesia di Eropa yang digelar Kedutaan Besar Tahta Suci Vatikan menghasilkan rumusan Deklarasi Roma. Rumusan ini dibacakan para peserta pada bagian akhir dialog.
Ilustrasi - Kota Vatikan/wikipedia
Ilustrasi - Kota Vatikan/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Dialog antar-agama diaspora Indonesia di Eropa yang digelar Kedutaan Besar Tahta Suci Vatikan menghasilkan rumusan Deklarasi Roma. Rumusan ini dibacakan para peserta pada bagian akhir dialog. 

Hadir dalam kesempatan ini Dubes RI untuk Tahta Suci Vatikan Agus Sriyanto, Sekjen Kemenag Nur Syam dan sejumlah narasumber lainnya dari Indonesia. Deklarasi Roma berisi delapan poin pernyataan terkait pentingnya menjaga persaudaraan dan terus memajukan kebersamaan dan kerukunan bangsa Indonesia. 

Nur Syam mengapresiasi kegiatan dialog yang digelar Kedubes Tahta Suci Vatikan berikut rumusan Deklarasi Roma yang dihasilkan.

“Program ini saya kira bisa dilakukan di beberapa belahan dunia lainnya, misalnya di Amerika, Australia, Afrika dan di tempat lain,” ujarnya, seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, Senin (2/7/2018).

Dengan mengusung semangat kerukunan dan keharmonisan, lanjut Nur, maka pesan itu akan dapat disampaikan kepada masyarakat Indonesia yang sedang menjalani kehidupan di luar negeri atau kaum diaspora.

Nur Syam berharap dialog antar-agama tidak hanya berada dalam tataran dialog butik atau boutique dialogs, yaitu dialog yang hanya menampilkan wajah depannya saja seperti pajangan produk di dalam butik. Oleh karena itu, jelasnya, perlu diupayakan agar dialog itu bisa menyentuh wilayah masalah mendasar yang dirasakan bersama. 

“Dari wilayah teologi dan ritual sudah selesai. Yang sama jangan dibedakan dan yang beda jangan disamakan. Namun, di dalam wilayah yang memiliki cakupan kebersamaan lainnya perlu mendapatkan perhatian,” sambungnya.

Dengan demikian, dia menganggap perlu ada focus group discussion (FGD) untuk memetakan masalah bersama dan menyelesaikannya bersama pula. “Jangan seperti slogannya Indonesia Lawak Klub (ILK): Menyelesaikan masalah tanpa solusi,” jelasnya.

Nur Syam menambahkan, tujuan dialog antar-agama ialah membangun kesepahaman, kebersamaan dan kerja sama di antara umat beragama. Oleh karena itu, ini diperlukan tidak hanya ko-eksistensi tetapi juga pro-eksistensi.

Tidak hanya mengakui ada yang berbeda dalam agama, tetapi juga bekerja sama antar-umat beragama. “Perkuat ‘kita’ dan bukan ‘aku’.”

 

Berikut ini rumusan lengkap Deklarasi Roma:

Kami, empat puluh delapan peserta dialog antaragama masyarakat Indonesia di Eropa yang berada di 23 negara di Eropa dalam suasana penuh persaudaraan dengan tekad untuk terus memajukan kebersamaan dan kerukunan bangsa Indonesia menyatakan:

1. Kemajemukan agama, suku, dan bahasa adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa bagi masyarakat Indonesia dan keniscayaan yang harus dipelihara, dijaga dan dikembangkan bersama.

2. Indonesia dalam bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dibangun atas dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 adalah rumah bersama dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika yang harus dirawat bersama.

3. Tenggang rasa dalam kemajemukan masyarakat Indonesia menjadi kebanggaan sekaligus tanggung jawab bersama, karena kerukunan hidup umat beragama di Indonesia menjadi rujukan dan contoh bagi dunia internasional.

4. Kesungguhan hati dan keterbukaan sikap dalam sikap kebersamaan, gotong royong, saling pengertian, penghargaan, dan persaudaraan dari pemerintah dan semua anak bangsa hendaknya dirawat dan dipelihara secara berkesinambungan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Masyarakat Indonesia agar tidak menggunakan agama dan simbol keagamaan demi kekuasaan politik.

6. Semua umat beragama agar mampu menampilkan wajahnya yang ramah dan terbuka dalam semangat persaudaraan dalam keimanan, kemanusiaan dan keindonesiaan.

7. Seluruh anak bangsa Indonesia, kendati berbeda agama, akan tetapi terikat dalam persaudaraan sebangsa dan setanah air, karena semua berasal dari satu Rahim Ibu Pertiwi Indonesia.

8. Semua masyarakat Indonesia yang tersebar di seluruh dunia perlu meningkatkan dialog antaragama dan bekerjasama yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

 

Demikian pernyataan dirumuskan di Roma dalam dialog antaragama masyarakat Indonesia di Eropa.

Roma, 1 Juli 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Sumber : Kemenag

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper