Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG dan NOAA Amerika Serikat Bakal Buat Prediksi Iklim Setahun

BMKG bekerja sama dengan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat untuk menghasilkan prediksi iklim setahun ke depan yang lebih cepat dan akurat.
Prakiraan angin pada 24 Desember/www/bmkg.go.id
Prakiraan angin pada 24 Desember/www/bmkg.go.id

Bisnis.com, JAKARTA: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerja sama dengan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat untuk menghasilkan prediksi iklim setahun ke depan yang lebih cepat dan akurat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan kerja sama ini untuk meningkatkan daya analisis numerik menyusun algoritma berbasis data.

“Jadi dari kerja sama ini diharapkan ada peningkatan kualitas data yang lebih cepat dan akurat,” katanya di Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Dia menjelaskan sebenarnya BMKG sudah mampu menghasilkan prediksi iklim untuk 6 bulan dan prediksi tersebut sudah dimanfaatkan oleh Bappenas untuk perencanaan pembangunan maupun petani dan nelayan untuk musim tanam.

Dengan kerja sama tersebut, Dwikorita mengatakanpihaknya juga akan meningkatkan peralatan serta observasi di Samudera Hindia.

“Sebelumnya kita hanya berbasis satelit dan radar yang ada di Indonesia saja tapi dengan kerja sama ini ada data dari Samudera Hindia yang lebih akurat dan global juga ditingkatkan dengan big data serta kecerdasan buatan,” tambah dia.

Dia mengharapkan dengan kerja sama tersebut dihasilkan data yang lebih akurat untuk setahun ke depan.

Kerja sama BMKG dengan NOAA sudah dimulai sejak 2006 untuk observasi di Samudera Hindia dan workshop pelatihan untuk peningkatan SDM BMKG.

Untuk 2018 juga diselenggarakan 13th Annual Indonesia-US Ocean And Climate Observation, Analysis And Applications Partnership Workshop.

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper