Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Exit Poll LKPI: Milton Cosby-Boyman Harun Unggul di Kalbar

Exit Polling Lembaga Kajian Pemilu Indonesia menyatakan pasangan Milton Crosby-Boyman Harun dipilih oleh 41,4% pemilih di Kalimantan Barat.
Suasana di salah satu TPS Pilkada Serentak 2018/Bisnis-Anggi Oktarinda
Suasana di salah satu TPS Pilkada Serentak 2018/Bisnis-Anggi Oktarinda

Bisnis.com, JAKARTA -- Exit Polling Lembaga Kajian Pemilu Indonesia menyatakan pasangan Milton Crosby-Boyman Harun dipilih oleh 41,4% pemilih di Kalimantan Barat.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), Arifin Nur Cahyono menyatakan pihaknya melakukan jajak pendapat seusai para pemilih menggunakan hak pilihnya di 1.821 TPS dari total populasi 11.658 TPS yang berasal dari 141 kecamatan, 1.411 desa/ kelurahan se-Kalimantan Barat.

"Kami menggunakan sampel 2 pemilih laki-laki dan 2 pemilih perempuan di setiap TPS yang dijadikan sampel penelitian dan belum tentu mencerminkan hasil akhir dari quick count karena hanya pendapat, kalau quick count itu kan pilihan," jelasnya dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (27/6/2018).

Exit poll ini, lanjutnya, memiliki tingkat margin of error kurang lebih 2,11% dengan tingkat kepercayaan 95% dan digelar ketika mulai TPS di Kalimantan Barat mulai dibuka hingga pukul 09.00 WIB.

Hasilnya, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Milton Cosby- Boyman Harun memperoleh 41,4% suara dan Sutarmidji -Ria Norsan mengantongi 20,9 %, serta Pasangan Karolin Margaret -Suryadman Gidot 20,1 persen. Sementara yang merahasiakan pilihanya sebesar 17,6 %.

Para pemilih kata dia berasal dari berbagai macam profil. Misalkan dari tingkat Pendidikan pemilih yaitu pemilih berpendidkan S1/Diploma atau lebih tinggi 7,1%, lulus SLTA sebesar 48,1%, SMP 23,3%, tamat SD atau sederajat 10,4%, dan tidak sekolah 11,1%.

"Untuk profil pemilih dari suku/ ras pemilih sebanyak 37,1 % orang Dayak , 38,1% bersuku Melayu dan bersuku Jawa sebanyak 10,1% ,Madura 4,7 %, Tionghoa 8,1% dan lainnya 1,9 %," imbuhnya.

Arifin menjelaskan dari hasil wawancara, alasan pemilih memilih pasangan Milton Crosby -Boyman Harun karena diyakini akan membawa kedamaian dan keharmonisan masyarakat Kalimantan Barat serta mampu memajukan perekonomian di Kalimantan Barat.

"Sementara alasan pemilih yang memilih pasangan Sutarmidji -Ria Norsan beralasan karena kesamaan latar belakang suku dan agama yang dianut oleh pemilih dengan Sutarmidji -Ria Norsan. Jawaban yang sama oleh pemilih yang memilih pasangan Pasangan Karolin Margaret -Suryadman Gidot yang juga beralasan karena kesamaan latar belakang suku dan agama yang dianut oleh pemilih dengan pasangan Karolin Margaret -Suryadman Gidot," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper