Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Negara Teraman Kesembilan di Dunia. Singapura Teratas

Singapura keluar sebagai pemuncak negara tujuan teraman di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut, sedangkan Indonesia berada di peringkat kesembilan, menurut laporan lembaga survey Gallup.
Ilustrasi/Getty
Ilustrasi/Getty

Bisnis.com, JAKARTA--Singapura keluar sebagai pemuncak negara tujuan teraman di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut, sedangkan Indonesia berada di peringkat kesembilan, menurut laporan lembaga survey Gallup.

Menurut Indeks Hukum dan Ketertiban Gallup, skor itu diambil dari 142 negara dengan menggunakan gabungan 100 poin. Penelitian itu mensurvei kepercayaan mereka terhadap polisi setempat, perasaan keamanan pribadi dan kasus pencurian, penyerangan atau penjambretan selama tahun lalu.

Selain Singapura dan Indoneia, wilayah teraman di Asia juga termasuk Hong Kong.

Untuk 2018 dan 2017, Singapura menduduki puncak grafik dengan 97 dari 100 poin. Negara kota itu juga mencetak 93 poin untuk indeks yang diterbitkan pada tahun 2016.
Di tempat kedua secara bersama terdapat Norwegia, Islandia dan Finlandia dengan 93 poin.

Indonesia Negara Teraman Kesembilan di Dunia. Singapura Teratas

“Dua pemain Asia lainnya yang masuk 10 Besar adalah Hong Kong dan Indonesia, masing-masing mencatat skor 91 dan 89 poin,” demikian menurut dokumen Gallup sebagaimana dikutip Channelnewsasia.com, Kamis (21/6/2018).

Pada bagain lain dari indeks tersebut, Venezuela memperoleh gelar "paling tidak aman" dengan 44 poin, sementara skor Afghanistan 45 atau yang terendah, menurut Gallup.

Hanya 17% dari warga Venezuela di tahun 2017 yang mengatakan merasa aman berjalan sendirian di daerah mereka pada malam hari. Angka itu hampir sama dengan yang dialami orang Afghanistan (20%).

Indeks itu juga menunjukkan bahwa lebih banyak orang Venezuela (42%) melaporkan memiliki properti atau uang yang dicuri pada tahun lalu, melampaui angka tertinggi tahun sebelumnya atau 38% pada 2016.

Secara global, 69% orang mengatakan mereka memiliki kepercayaan diri terhadap polisi, sementara 68% mengatakan mereka merasa aman berjalan sendirian di malam hari di mana mereka tinggal.

"Di negara-negara yang paling maju secara ekonomi dengan aturan hukum yang kuat, mayoritas penduduk mengatakan mereka merasa aman berjalan sendirian di daerah mereka pada malam hari," menurut Gallup.

Inilah 10 besar negara teraman di dunia:

  1. Singapura (97)
  2. Norwegia (93)
  3. Islandia (93)
  4. Finlandia (93)
  5. Uzbekistan (91)
  6. Hong Kong (91)
  7. Swiss (90)
  8. Kanada (90)
  9. Indonesia (89)
  10. Denmark (88)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Channelnewsasia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper