Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG Bali Prediksi Potensi Gelombang Tinggi Hingga Tiga Hari Kedepan

Tinggi gelombang laut di perairan Bali diperkirakan mencapai 3,5 meter mulai Kamis (21/6/2018) hingga 3 hari ke depan sehingga bisa mempengaruhi pelayaran wilayah ini.
Ilustrasi./JIBI-Rachman
Ilustrasi./JIBI-Rachman

Bisnis.com, DENPASAR– Tinggi gelombang laut di perairan Bali diperkirakan mencapai 3,5 meter mulai Kamis (21/6/2018) hingga tiga hari ke depan sehingga bisa memengaruhi pelayaran wilayah ini. 

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Metereologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar Sujabar mengatakan gelombang tinggi utamanya akan terjadi di Perairan Selatan dengan ketinggian berkisar antara 0,75-3 meter, Selat Bali berkisar 0,5-3 meter, dan Selat Lombok berkisar antara 0,5-3 meter. Sementara, tinggi glombang laut di Perairan Utara Bali masih terhitung normal dengan ketinggian 0,25-1,5 meter.

Menurutnya, kondisi tingginya gelombang laut ini akan memengaruhi semua penyebrangan di Bali. Kapal yang akan melakukan penyeberangan pun diminta mewaspadai kondisi ini.

“Walaupun cuma gelombang 3 meter, ada kapal tertentu yang harus memerhatikan kondisi ini dengan tidak melakukan pelayaran,” katanya, Kamis (21/6/2018).

Kondisi tersebut ujar dia,  disebabkan adanya tekanan udara yang cukup rendah di wilayah Utara yakni Filipina sehingga angin berbelok di atas Bali bagian timur menuju utara dan mengalami perlambatan. Kemudian massa udara yang cukup basah juga berpengaruh signifikan. Massa udara basah berkonsentrasi pada lapisan permukaan hingga lapisan 500 milibar (5.800 meter). Kondisi ini juga mengakibatkan banyaknya terjadi hujan di wilayah Bali.

Dia pun mengimbau masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar memerhatikan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di skeitar wilayah selatan Perairan Bali.

“Berlayar atau tidak, ini tetap keputusan syahbandar, kita hanya memberi masukan saja,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper