Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS dan Korea Selatan Sepakat Tunda Latihan Militer Bersama

Amerika Serikat dan Korea Selatan telah setuju untuk menangguhkan latihan militer bersama yang dijadwalkan pada bulan Agustus.
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, 12 Juni 2018./Reuters
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, 12 Juni 2018./Reuters

Kabar24.com, JAKARTA -  Amerika Serikat dan Korea Selatan telah setuju untuk menangguhkan latihan militer bersama yang dijadwalkan pada bulan Agustus. 

Para pejabat Korsel dan AS mengatakan penangguhan ktu disepakati, setelah janji Presiden Donald Trump untuk mengakhiri "permainan perang" setelah pertemuannya dengan  Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pekan lalu.

"Korea Selatan dan Amerika Serikat telah setuju untuk menunda semua kegiatan perencanaan mengenai latihan militer Freedom Guardian yang dijadwalkan Agustus," menurut pernyataan kementerian pertahanan Korea Selatan.

Pernyataan Pentagon mengkonfirmasi penangguhan dan menambahkan bahwa akan ada pertemuan antara sekretaris pertahanan dan negara serta penasihat keamanan nasional Trump mengenai masalah ini minggu ini.

“Kami masih mengoordinasi tindakan tambahan. Tidak ada keputusan tentang wargames berikutnya telah dibuat, ”kata juru bicara Pentagon.

Kalender olahraga AS-Korea Selatan mencapai titik tertinggi setiap musim semi dengan pelatihan Foal Eagle dan Max Thunder, yang keduanya diputuskan bulan lalu.

BIAYA PENGGUNAAN?

Pentagon belum mengumumkan secara terbuka biaya latihan militer bersama sebelumnya dan masa depan dengan Korea Selatan, seminggu setelah Trump menyebut biaya "sangat mahal" mereka sebagai alasan untuk menghentikan rencana itu.

Namun, membelanjakan data untuk latihan militer sebelumnya di Korea dan di tempat lain, menunjukkan bahwa biaya untuk satu kali latihan akan mencapai titik terendah atau mungkin puluhan juta dolar dalam anggaran militer AS tahun ini sebesar hampir US$ 700 miliar.

Menanggapi permintaan berulang untuk data biaya, juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Christopher Logan, mengatakan: "Kami sedang mengevaluasi biaya latihan."

Menghitung biaya latihan militer adalah proses yang rumit, seringkali membutuhkan data dari berbagai cabang militer dan tersebar di beberapa anggaran selama bertahun-tahun yang berbeda.

Pasukan yang akan terlibat dalam latihan itu masih membutuhkan pelatihan dan sertifikasi, yang masih membutuhkan biaya, kata Abraham Denmark, mantan asisten asisten menteri pertahanan untuk Asia Timur di bawah Presiden Barack Obama.

"Bagi saya, gagasan ini sebagai ukuran penghematan biaya tidak terlalu masuk akal," kata Denmark.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper