Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makedonia Diubah Jadi Republik Makedonia

Para Menteri Luar Negeri Yunani dan Makedonia menandatangani perjanjian pada Minggu untuk mengganti nama bekas Republik Yugoslavia tersebut menjadi Republik Makedonia Utara.
 Imigran Suriah berjalan di Makedonia dekat perbatasan Yunani belum lama ini/Reuters
Imigran Suriah berjalan di Makedonia dekat perbatasan Yunani belum lama ini/Reuters

Bisnis.com, PRESPES,  Yunani - Para Menteri Luar Negeri Yunani dan Makedonia menandatangani perjanjian pada Minggu (17/6/2018) untuk mengganti nama bekas Republik Yugoslavia tersebut menjadi "Republik Makedonia Utara."

Perjanjian penting itu menyusul beberapa dekade pembicaraan yang tidak meyakinkan, yang telah memperburuk hubungan antara kedua negara dan menahan pengakuan negara Balkan ke Uni Eropa dan NATO, di mana Yunani adalah anggotanya.

Kesepakatan itu masih membutuhkan persetujuan dari kedua parlemen dan referendum di Makedonia.

"Kami memiliki tanggung jawab historis bahwa kesepakatan ini tidak diadakan dalam penundaan, dan saya yakin bahwa kami akan mengelolanya," kata Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras saat dia dan rekannya dari Makedonia, Zoran Zaev menerima sambutan tepuk tangan meriah dari para tamu pada upacara di tepi danau.

Tsipras selamat dari mosi tidak percaya yang diajukan oleh oposisi Yunani di parlemen pada Sabtu, tetapi kedalaman emosi publik terhadap kesepakatan itu menguat.

Hingga 70 persen orang Yunani keberatan dengan kompromi, menurut sebuah jajak pendapat oleh koran "Proto Thema" pada Sabtu.

Berdasarkan kesepakatan itu, Yunani akan mencabut keberatannya terhadap negara yang berganti nama tersebut untuk bergabung dengan Uni Eropa dan NATO.

"Kedua negara kita harus berubah dari masa lalu dan melihat ke masa depan," kata Zaev. "Kami cukup berani untuk melangkah maju," tambahnya.

Yunani telah berselisih dengan Makedonia sejak 1991 atas nama bekas Republik Yugoslavia itu, dengan alasan Makedonia dapat mengimplikasikan klaim teritorial atas provinsi di Yunani, Makedonia, dan perampasan budaya serta peradaban Yunani kuno.

Subjek ini merupakan masalah emosional bagi banyak orang Yunani. Pada Sabtu, ribuan pengunjuk rasa di luar gedung parlemen berteriak "Pengkhianat, pengkhianat!" saat anggota parlemen berdebat di dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper