Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARUS MUDIK: Diprediksi Hari Ini Puncak Kepadatan di Daop 6 Yogya

PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta memperkirakan puncak kepadatan penumpang arus mudik pada Masa Angkutan Lebaran 2018 terjadi hari ini.
Penumpang antre di peron stasiun./ANTARA-Ilustrasi
Penumpang antre di peron stasiun./ANTARA-Ilustrasi

Bisnis.com, YOGYAKARTA - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta memperkirakan puncak kepadatan penumpang arus mudik pada Masa Angkutan Lebaran 2018 terjadi hari ini.

"Diperkirakan puncak kepadatan terjadi hari ini meskipun pada akhir pekan lalu sudah ada kenaikan penumpang yang signifikan," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Kamis (14/6/2018).

Meskipun sejak Senin (11/6), jumlah penumpang di Daop 6 Yogyakarta sudah berkurang dibanding jumlah penumpang saat akhir pekan yang mencapai sekitar 26.000 orang, KAI tetap memprediksi terjadi kenaikan jumlah penumpang hari ini.

Dari Senin (11/6) hingga Rabu (13/6), jumlah penumpang kereta jarak jauh di Daop 6 Yogyakarta masing-masing tercatat 14.517 orang kemudian turun menjadi 14.372 orang dan naik kembali menjadi 17.195 penumpang.

Secara kumulatif, total jumlah penumpang kereta di Daop 6 terhitung sejak 5 Juni hingga Rabu (13/6) mencapai 121.276 penumpang atau mencapai 107% dibanding jumlah penumpang tahun sebelumnya 113.403 orang.

"Kenaikan terbanyak tetap pada kereta ekonomi. Selain karena harganya kompetitif, fasilitas yang diberikan pun sudah baik salah satunya dengan pendingin udara sehingga penumpang tetap nyaman," katanya.

Total penumpang kereta api kelas ekonomi pada masa Angkutan Lebaran 2018 mencapai 83.184 orang atau mencapai 114% dibanding tahun lalu 73.008 penumpang. Sedangkan untuk kelas eksekutif mencapai 102%, namun untuk kelas bisnis hanya mencapai 80% dari jumlah penumpang tahun lalu.

"Peningkatan jumlah penumpang tidak hanya terjadi untuk kereta jarak jauh saja tetapi kereta lokal atau komuter juga cukup padat," katanya.

Sementara itu, puncak kepadatan penumpang untuk arus mudik Lebaran di Terminal Giwangan Yogyakarta terjadi pada Rabu (13/6) dengan penumpang yang datang tercatat 20.577 orang dan penumpang yang diberangkatkan mencapai 20.823 orang.

"Sampai saat ini, tidak terjadi gangguan dalam masa Angkutan Lebaran 2018 di Terminal Giwangan, termasuk armada yang menaikkan tarif melebihi ketentuan," kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta.

Ia menyebut, bus ekonomi juga mematuhi tarif batas atas dan bawah yang diatur pemerintah, sedangkan untuk bus patas, patas AC dan eksekutif yang menerapkan tarif sesuai kondisi pasar juga terpantau masih menerapkan tarif yang wajar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper