Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT AS-Korut: Trump & Kim Jong-un Bakal Tanda Tangani Kesepakatan?

Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un hari ini dinyatakan telah membuat banyak kemajuan.
Trump dan Kim Jong-un Berbicara di depan media/Reuters
Trump dan Kim Jong-un Berbicara di depan media/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un hari ini dinyatakan telah membuat banyak kemajuan.

Kedua pihak bahkan disebut mengharapkan untuk menandatangani suatu perjanjian.

“Banyak kemajuan, sangat sangat positif. Saya pikir lebih baik dari yang diharapkan siapa pun. Top of the line, sangat baik. Kami akan bergerak menuju penandatanganan,” ungkap Trump kepada awak media, seperti dikutip Reuters.

Meski demikian, Trump tidak memaparkan lebih lanjut terkait penandatanganan tersebut.

Komentarnya itu disampaikan saat ia dan Kim Jong-un berjalan berkeliling Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, setelah bersantap siang bersama deretan pejabat pemerintahan masing-masing negara.

Pertemuan makan siang itu menjadi agenda resmi yang mengakhiri pertemuan bersejarah kedua pemimpin paling kontroversial tersebut hari ini.

Sebelum makan siang berlangsung, keduanya melakukan pertemuan tertutup yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dengan didampingi sejumlah pejabat pemerintahan.

Menjawab pertanyaan awak media mengenai bagaimana pertemuan itu berlangsung, Trump berkata, “Sangat baik. Sangat, sangat baik. Hubungan yang baik.”

Kim juga terdengar positif tentang prospeknya. “Kami mengatasi semua jenis skeptisisme dan spekulasi tentang KTT ini dan saya percaya bahwa hal ini baik untuk perdamaian,” katanya.

Berikutnya, Trump dijadwalkan akan mengadakan konferensi pers pada jam 4 sore waktu setempat sebelum terbang kembali ke Gedung Putih. Diharapkan, akan ada lebih banyak informasi dan rincian dari pertemuan hari ini.

Disaksikan dunia internasional, Trump dan Kim Jong-un pagi tadi untuk pertama kalinya bertatap muka dan menggelar pertemuan dengan agenda untuk membicarakan masalah denuklirisasi Korea Utara. Trump berharap Korut bersedia melucuti ambisi persenjataan nuklir dan rudal mereka sebagai balasan atas bantuan ekonomi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper