Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Protes Penggunaan Minyak Sawit untuk Biodiesel, Petani Prancis Blokade Pabrik BBM

Para petani Prancis mulai melakukan blokade di penyulingan minyak dan depo BBM terkait rencana Total menggunakan minyak sawit impor di pabrik biofuel.
Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018)./JIBI-Rachman
Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018)./JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Para petani Prancis mulai melakukan blokade di penyulingan minyak dan depo BBM terkait rencana Total menggunakan minyak sawit impor di pabrik biofuel.

Rencana perusahaan energi itu menuai ketidakpuasan dari para petani lokal karena dinilai sebagai persaingan tidak sehat.

Reuters melansir Senin (11/6/2018), depo BBM Vatry di kawasan Marne, timur laut Prancis menjadi yang pertama diblokir.

Pada Minggu (10/6) waktu setempat, sekitar 100 petani mendirikan barikade dengan traktor dan batu-batu. Setidaknya, ada lima lokasi yang akan diblokir per Minggu petang.

Jumlah itu akan bertambah menjadi 13 lokasi mulai Senin (11/6) pukul 09.00 waktu setempat. Demikian disampaikan Presiden FNSEA Christiane Lambert.

FNSEA adalah serikat petani yang menggelar blokade tersebut.

Adapun Total, yang mengoperasikan 5 lokasi penyulingan dan 9 depo BBM di Prancis, menyatakan para petani sudah berkumpul di 2 depo dan perusahaan telah berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk mencegah gangguan.

Total juga mengimbau masyarakat untuk tidak buru-buru mengisi tangki bensin kendaraannya, untuk menghindari kepanikan pembelian dan kekosongan persediaan.

Pada Mei 2018, Pemerintah Prancis memberikan izin kepada Total untuk menggunakan minyak sawit sebagai salah satu bahan baku di pabrik penyulingan biofuel mereka di La Mede, selatan Prancis.

Hal itu membuat geram para petani lokal, yang memproduksi minyak nabati seperti rapeseed, dan para aktivis lingkungan yang menyalahkan perkebunan sawit di Asia Tenggara sebagai penyebab deforestasi.

Koordinator demo, yang direncanakan dilakukan selama tiga hari, menyatakan tujuan blokade ini adalah menekan pemerintah untuk meminimalisir penggunaan minyak sawit di La Mede. Tujuan lainnya adalah memangkas impor daging dari Amerika Selatan.

Minyak sawit adalah bahan baku biodiesel yang lebih murah dibandingkan rapeseed oil. Para petani Prancis menuturkan penggunaan minyak sawit yang terus bertumbuh membuat produksi mereka tidak lagi menguntungkan--turut disebabkan oleh pajak yang tinggi dan ketatnya regulasi lingkungan di Prancis.

Adapun Total mengklaim penggunaan minyak sawit mereka lebih sedikit dari yang diizinkan pemerintah dan memberikan porsi khusus untuk rapeseed oil lokal serta bakal mengembangkan fasilitas daur ulang minyak serta lemak skala besar.

Isu minyak sawit di Prancis, serta Eropa secara keseluruhan, telah menimbulkan ketegangan dengan negara-negara produsen terutama Indonesia dan Malaysia. Dua negara produsen minyak sawit terbesar dunia itu pun sempat menyampaikan tak akan ragu melakukan aksi balasan jika diperlakukan tak adil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper