Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB, Indonesia Harus Lebih Aktif

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak.
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir/Antara
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak.

Raihan prestasi tersebut menjadi bukti atas apa yang selama ini dilakukan Pemerintah Indonesia di ranah internasional.

“Hal itu menujukkan bukti pengakuan dunia atas kiprah Indonesia di kancah dunia,” kata Ketua Umum PP Muhamadiyah Haedar Nashir dalam keterangan resminya, Sabtu (9/6/2018).

Menurut Haedar keberhasilan Indonesia terpilih menjadi anggota DK PBB menunjukan bahwa Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, maupun Menlu Retno L Marsudi selama ini telah berhasil memainkan peran politik luar negeri Indonesia sehingga negara kita memperoleh tempat di mata dunia.

Adapun dalam konteks politik global yang makin keras dan dinamis tentu posisi di PBB tersebut sangat strategis. Posisi tersebut dapat dijadikan forum dan media untuk memainkan peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia serta tatanan dunia yang lebih adil, beradab, dan berkemajuan.

Muhammadiyah sangat berharap Pemerintah Indonesia lebih proaktif dan progresif menjadi juru damai dan mencari solusi dalam sejumlah konflik dan gejolak politik antar negara Islam khususnya di Timur Tengah serta kawasan lain yang berkonflik. Termasuk dalam menyelesaikan Rohingya dan Pelastina.

Seperti diketahui, Indonesia memperoleh dukungan 144 suara dari 193 suara yang diperebutkan dalam pemilihan anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) periode 2019-2020, dalam sidang Majelis Umum PBB, di New York, Amerika Serikat, Jumat (8/6) malam WIB.

Sebelumnya Presiden Majelis Umum PBB Miroslav Lajcak pun langsung menyampaikan kemenangan Indonesia beserta anggota terpilih lainnya; Belgia, Republik Dominika, Afrika Selatan, dan Jerman, sebagai anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno dalam pernyataannya sesaat setelah peristiwa yang bersejarah itu mengatakan, sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PB, Indonesia akan fokus kepada; penguatan ekosistem perdamaian dan stabilitas global, meningkatkan sinergi dengan sesama anggota, mendorong terbentuknya Global Comprehensive Approach untuk menangani terorisme, radikalisme dan ekstremisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper