Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata, Sejumlah Organisasi Muslim Boikot Buka Puasa Bersama Donald Trump

Beberapa organisasi Muslim Amerika Serikat memutuskan untuk memboikot buka puasa bersama untuk pertama kalinya dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih.
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berpidato saat buka puasa di Gedung Putih, 6 Juni 2018./Reuters
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berpidato saat buka puasa di Gedung Putih, 6 Juni 2018./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa organisasi Muslim Amerika Serikat memutuskan untuk memboikot buka puasa bersama untuk pertama kalinya dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih.

Boikot dilakukan dengan alasan Trump beberapa kali mengeluarkan retorika anti-Muslim.

Acara yang diadakan pada Rabu (6/6/2018) malam, tak banyak dihadiri komunitas Muslim Amerika Serikat. Banyak yang hadir pada kesempatan itu adalah perwakilan dari negara-negara mayoritas Islam di Amerika Serikat.

Ada lebih dari 50 tamu. Di meja utama, Trump duduk dengan Duta Besar Arab Saudi Pangeran Khalid Ben Salman dan Duta Besar Yordania Dina Kawar.

Para duta besar diundang dari Uni Emirat Arab, Yordania, Mesir, Tunisia, Irak, Arab Saudi, Qatar, Bahrain, Maroko, Aljazair, dan Libya.

Tradisi buka puasa bersama di Gedung Putih secara resmi dimulai ketika Bill Clinton memerintah pada era 1990-an, tetapi memiliki akar konseptual di masa Thomas Jefferson pada 1805.

alam pidatonya saat membuka acara tersebut, Trump menawarkan pesan persatuan, mengakui anggota komunitas muslim di dalam dan di luar negeri.

"Dalam pertemuan bersama malam ini, kami menghormati tradisi sakral dari salah satu agama besar dunia," kata Trump, seperti dilansir Time, Kamis (7/6/2018).

Ketika Gedung Putih mengonfirmasi awal pekan ini, jika Trump akan mengadakan makan malam di bulan suci Ramadan atau yang juga dikenal sebagai Iftar, tidak banyak disambut baik oleh umat muslim Amerika Serikat.

Beberapa kelompok hak-hak sipil mengorganisir protes "NOT Trump's Iftar" di sebuah taman di seberang Gedung Putih. Kelompok-kelompok itu mengatakan retorika panas Trump telah berkontribusi pada peningkatan bullying dan diskriminasi terhadap Muslim Amerika.

"Presiden Trump telah menunjukkan sikap antipati terhadap muslim di Amerika dan di luar negeri dari awal kampanye kepresidenannya dan terus mendukung larangan perjalanan muslim dan pengungsinya yang non-Amerika," kata seorang anggota komunitas Muslim di Washington.

Tahun lalu, Donald Trump dikritik karena tidak menyelenggarakan tradisi buka puasa bersama yang rutin dilaksanakan selama beberapa dekade terakhir. Alih-alih menjadi tuan rumah buka puasa bersama, Gedung Putih justru mengeluarkan pernyataan pada hari Ramadan 2017 untuk berfokus pada ancaman terorisme dan ideologi sesat mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper