Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Jawa-Bali: Ciawi-Cigombong hanya 20 Menit via Tol Fungsional Ini

Tol fungsional Lido/Cigombong via Tol Bocimi resmi dibuka untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik di perempatan Pasar Ciawi yang mengarah ke Sukabumi.

Bisnis.com, JAKARTA - Tol fungsional Lido/Cigombong via Tol Bocimi resmi dibuka untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik di perempatan Pasar Ciawi yang mengarah ke Sukabumi.

Pimpinan Proyek Tol Fungsional Lido Cigombong, Joko Susilo mengatakan tol fungsional ini hanya sepanjang 15 km, namun dapat memangkas waktu menjadi  20 menit. Sementara jika menggunakan jalur utama dapat menempuh waktu kurang lebih 2 jam.

"Tol fungsional ini hanya dibuka selama momentum arus mudik Lebaran untuk mengurai kemacetan. Dibuka dari tanggal 8—24 Juni, habis itu kami tutup kembali," katanya hari ini Jumat (8/6/2018).

Tol tersebut dapat menampung volume kendaraan per hari 30.000 kendaraan. Namun dia menyarankan agar pemudik tetap berkendara dengan baik mengingat tol tersebut belum sempurna 100%.

Joko mengatakan agar pemudik tetap menjaga kecepatan di 40 km per jam. Selain itu, untuk sementara tol hanya bisa digunakan bagi mobil kecil saja.

"Tol ini layak untuk fungsional karena itu hanya satu seksi saja yang dibuka," katanya.

Sementara itu menurut pantauan Bisnis, tol alternatife tersebut masih kurang pembatas jalan karena sebagian banyak yang belum terkover sedangkan di sisi kiri langsung jurang. Jalanan tol pun masih sebagian teraspal dan sebagian lagi berupa beton coran. Selaim itu masih belum ada penerangan jalan yang memadai.

Joko mengatakan untuk sementara ini penerangan hanya berupa scout light saat malam. Namun dia optimistis jalan tersebut layak digunakan.

"Informasi dari dishub truk sembako sudah tidak jalan jadi itu akan meringankan. Tapi, tetap kecepatan dijaga dan jaga jarak amat penting," katanya.

Untuk menyajikan informasi ter-update jalur mudik, Bisnis Indonesia menggelar Liputan Jelajah Jawa Bali.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Toyota Astra Motor,  XL Axiata, Bank Mandiri, Tiki JNE, Astra Honda Motor, AirNav Indonesia, BNI, Telkomsel, Bank Jateng, dan Bank BJB.

Tim Peliput: Krizia Putri Kinanti, Adam Rumansyah, Pandu Gumilar, M.Richard,Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : tim jelajah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper