Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengacara Minta Pilot dan Kru Lion Air Diperiksa

Tim pengacara kasus candaan bom di maskapai Lion Air Flight JT 687, berharap ada pemeriksaan serius dari penyidik PPNS Kementerian perhubungan terhadap kru maskapai yang terdiri dari kapten pilot, pilot, kopilot, dan seluruh awak kabin.
Pelaku candaan bom pesawat Lion Air JT 687 rute Pontianak-Jakarta, Frantinus Nirigi menunggu pemeriksaan di Polda Kalbar, Kamis (31/5/2018)./ANTARA-Jessica Helena Wuysang
Pelaku candaan bom pesawat Lion Air JT 687 rute Pontianak-Jakarta, Frantinus Nirigi menunggu pemeriksaan di Polda Kalbar, Kamis (31/5/2018)./ANTARA-Jessica Helena Wuysang

Bisnis.com, PONTIANAK – Tim pengacara kasus ‘candaan bom’ di maskapai Lion Air Flight JT 687, berharap ada pemeriksaan serius dari penyidik PPNS Kementerian perhubungan terhadap kru maskapai yang terdiri dari kapten pilot, pilot, kopilot, dan seluruh awak kabin.

Marcelina Lin, mewakili tim penasihat hukum tersangka FN dalam siaran persnya menyebut bahwa awak kabinlah yang menyebabkan kepanikan di dalam pesawat.

“Karena awak kabin yang menyebabkan kepanikan dan kekacauan dalam pesawat sehingga menimbulkan korban luka. Dan Kapten Pilot bertanggung jawab memastikan keamanan penerbangan,” kata Marcelina Lin, di Pontianak, Jumat (1/6/2018).

Tim penasihat hukum meminta Penyidik PPNS Kemenhub memeriksa dengan sangat serius, semua kru dan penumpang yang tempat duduknya berada dekat dengan FN dalam pesawat Lion Air Flight JT 687, penerbangan 28 Mei.

Selain itu, tim penasihat hukum mengungkapkan bahwa kasus FN sudah dilimpahkan ke PPNS Kementerian Perhubungan, dan proses itu memakan waktu hampir 10 jam. “Tetapi sangat kami sayangkan, tidak ada pemeriksaan tambahan,” kata Marcelina.

TANPA PENASIHAT HUKUM

Sementara itu, pada pemeriksaan tanggal 28 Mei, FN tanpa didamping penasihat hukum. Tim penasihat hukum baru melakukan pendampingan pada 29 Mei. Oleh karena itu, tim penasihat meminta adanya berita acara pemeriksaan (BAP) ulang.

“Karena menurut pasal 56 ayat 1 KUHAP, ancaman hukuman di atas 5 tahun, FN harus didampingi penasihat hukum,” katanya.

Terkait dengan kasus yang dialami FN, alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiak Univeristas Tanjungpura tersebut, tim penasihat hukum mengucapkan terima kasih kepada teman-teman FN terutama dari Fisip Untan, perkumpulan mahasiswa Papua, dan semua pihak yang terlibat dalam aksi solidaritas pada 31 Mei di bundaran Digulas Untan.

Karena aksi itu menurut tim penasihat hukum, mendukung serta menguatkan FN dalam menjalani proses hukum yang sedang dialami.

“Kami mohon dukungan supaya FN bisa bebas sebagaimana kasus candaan bom yang lain,” kata Marcelina lagi.

11 KASUS SERUPA

Menurut tim pengacara, setidaknya ada 11 kasus serupa ‘candaan bom’ yang belum pernah diproses secara hukum.

Kasus-kasus itu yakni pada 2 Mei 2018 di maskapai Lion Air, 5 Mei 2018 di Lion Air, 12 Mei 2018 di Lion Air, 16 Mei 201i di Lion Air dan Batik Air, 1 hari ada 3 kejadian. Kemudian pada 17 Mei 2018 di Lion Air, 18 Mei 2018 di Lion Air, 23 Mei 2018 di maskapai Garuda Indonesia (melibatkan Oknum Anggota DPRD Banyuwangi), 27 Mei 2018 di Lion Air, dan 28 Mei 2018 di Lion Air.

“Kasus yang terakhir adalah yang menimpa FN. Berbagai kasus itu tidak ada yang berbeda dengan yang dilakukan FN, candaan bom. Yang berbeda adalah, kapten pilot dan awak kabin menyebabkan kepanikan penumpang.” Hal itu, lanjutnya, menunjukkan bahwa mereka tidak profesional.

Adapun kasus yang melibatkan dua anggota DPRD Banyuwangi yang bercanda tentang bom saat penerbangan pesawat Garuda di Bandara Banyuwangi pada 23 Mei 2018, dari berbagai pemberitaan, kedua oknum DPRD tersebut sampai tiga kali mengatakan ada bom, tetapi karena faktanya itu hanya bercanda, oknum anggota DPRD itu bebas.

“FN tidak berteriak yang menyebabkan kepanikan, tetapi pengumuman untuk evakuasi penumpang oleh awak kabin yang menyebabkan kekacauan, kepanikan, dan menimbulkan korban luka,” katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper