Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NHK Laporkan Pembantu Utama Kim Jong Un di Singapura

KTT antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump di Singapura mengindikasikan bakal terealisasi setelah seorang pembantu utama pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Singapura pada Senin (27/5/2018) malam, dmeikian lapor penyiar NHK pada Selasa (28/5/2018).
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) bergandengan tangan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in saat pertemuan di desa gencatan senjata Panmunjom, Korea Selatan, Jumat (27/4/2018)./Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) bergandengan tangan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in saat pertemuan di desa gencatan senjata Panmunjom, Korea Selatan, Jumat (27/4/2018)./Reuters

Bisnis.com, TOKYO - KTT antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump di Singapura mengindikasikan bakal terealisasi setelah seorang pembantu utama pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Singapura pada Senin (27/5/2018) malam, dmeikian lapor penyiar NHK pada Selasa (28/5/2018).

Kim Chang Son, kepala staf de facto Kim, terbang ke Singapura melalui Beijing pada Senin (27/5/2018) malam, kata laporan itu.

Pada saat yang sama, tim pejabat pemerintah AS, termasuk wakil kepala staf Gedung Putih untuk operasi Joe Hagin, meninggalkan Pangkalan Udara Yokota AS di Jepang untuk bertolak ke Singapura pada Senin, kata NHK.

NHK Laporkan Pembantu Utama Kim Jong Un di Singapura

Kim Chang Son (tanda panah)/KCTV screengrab

Gedung Putih mengatakan tim ""pre-advance" melakukan perjalanan ke Singapura untuk bertemu dengan Korea Utara.

Laporan menunjukkan perencanaan untuk KTT bersejarah, awalnya dijadwalkan 12 Juni, bergerak maju setelah Trump membatalkannya minggu lalu. Sehari kemudian, Trump mengatakan dia telah mempertimbangkan kembali, dan pejabat dari kedua negara bertemu untuk membuat rincian.

Ketika Kim Chang Son ditanya oleh seorang wartawan di bandara Beijing jika dia terbang ke Singapura untuk melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat, dia mengatakan dia "pergi ke sana untuk bermain," menurut rekaman dari Nippon Television Network.

Sementara itu, Kim Yong Chol dari Korea Utara, seorang pejabat senior yang menangani urusan antar-Korea dijadwalkan untuk terbang ke Amerika Serikat pada Rabu (29/5/2018) setelah berbicara dengan para pejabat China di Beijing, kantor berita Yonhap Korea Selatan mengatakan itu mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Karena sanksi terhadapnya, Kim Yong Chol dilarang mengunjungi Amerika Serikat secara normal. Kunjungannya ke Amerika Serikat akan menunjukkan pengabaian telah diberikan.

NHK Laporkan Pembantu Utama Kim Jong Un di Singapura

Amerika Serikat dan Korea Selatan memasukkan Kim Yong Chol dalam daftar hitam lantaran mendukung program nuklir dan rudal Korea Utara pada 2010 dan 2016.

Yonhap menambahkan Choe Kang Il, seorang pejabat kementerian luar negeri Korea Utara yang terlibat dengan masalah Amerika Utara, juga terlihat di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing. Yonhap tidak mengatakan apakah Choe akan mendampingi Kim Yong Chol.

Dalam kebingungan diplomasi selama akhir pekan, Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengadakan pertemuan mengejutkan pada Sabtu (25/5) di desa perbatasan Panmunjom, di mana mereka setuju Korea Utara-AS. KTT harus diadakan.

Dan pada Minggu, Departemen Luar Negeri AS mengatakan para pejabat Amerika dan Korea Utara telah bertemu di Panmunjom. Sung Kim, mantan duta besar AS untuk Korea Selatan dan duta besar saat ini untuk Filipina, memimpin delegasi Amerika itu, kata seorang pejabat Amerika kepada Reuters.

Moon mengatakan pada Senin bahwa akan ada lebih banyak pembicaraan dadakan antara kedua Korea menjelang pertemuan puncak.

Dalam pertemuan pertama Kim dan Moon pada 27 April, mereka setuju untuk mencari "denuklirisasi lengkap" dari semenanjung Korea - tetapi tidak mendefinisikan apa artinya, atau bagaimana itu akan dilanjutkan.

Sejak itu, Korea Utara menolak tuntutan AS untuk secara sepihak meninggalkan program senjata nuklirnya yang menurut para ahli dapat mengancam Amerika Serikat.

Pyongyang juga menuntut Amerika Serikat menghentikan latihan militer bersama bersama dengan Korea Selatan jika benar-benar ingin melakukan pembicaraan dengan Korea Utara, kata Rodong Sinmun dari Korea Utara, Selasa.

Kim Jong Un dan Kim Chong San/KCNA

Menanggapi pertanyaan wartawan mengenai laporan itu, kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan tidak memiliki rencana untuk mengubah jadwal latihan bersama dengan militer Amerika Serikat.

Analis percaya Washington sedang mencoba untuk menentukan apakah Korea Utara bersedia menyetujui langkah-langkah yang cukup terhadap denuklirisasi untuk memungkinkan KTT berlangsung.

Korea Utara membela program nuklir dan rudalnya sebagai alat pencegah terhadap agresi yang dirasakan oleh Amerika Serikat, yang membuat 28.500 pasukan di Korea Selatan, warisan Perang Korea 1950-1953, yang berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Sebuah pernyataan beberapa waktu lalu mengatakan pertemuan itu akan terbuka dengan [Korut] menyerahkan persenjataan nuklirnya jika Amerika Serikat menarik pasukannya dari Korea Selatan dan mengakhiri "payung nuklir" -nya dengan Seoul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper