Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fadli Zon: Soeharto Presiden Paling Berhasil di Bidang Ekonomi

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan pada satu sisi rezim Orde Baru dibawah kendali Presiden Soeharto mampu memacu pertumbuhan ekonomi di kisaran 7%, namun dari sisi politik masyarakat tidak punya kebebasan menyampaikan aspirasinya.
Presiden kedua RI Soeharto/Reuters
Presiden kedua RI Soeharto/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan pada satu sisi rezim Orde Baru dibawah kendali Presiden Soeharto mampu memacu pertumbuhan ekonomi di kisaran 7%, namun dari sisi politik masyarakat tidak punya kebebasan menyampaikan aspirasinya.

"Menurut saya Pak Harto itu presiden paling berhasil indikator-indikatornya jelas, dari sisi ekonomi misalnya dari tahun 1975 ke 1995 menurunkan kemiskinan absolut dari 75% ke angka 11%,” ujar Fadli di Kompleks Parlemen Selasa (22/5/2018).

Hal itu dia sampaikan dalam kaitan refleksi 20 tahun reformasi dan hasil survei yang menyebutkan Soeharto merupakan presiden paling sukses. 

Fadli mengakui saat Soeharto berkuasa pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat berhasil, dengan pertumbuhan di angka 7% sampai 8% per tahun.

"Inflasi kita luar biasa waktu itu, namun trilogi pembangunan mampu memacu pertumbuhan, pemerataan dan stabilitas keamanan nasional saya kira Orde Baru banyak berhasil," ujarnya.

Hanya saja, ujarnya, ada sisi kekurangannya pada saat Soeharto berkuasa, seperti kebebasan berpolitik, kebebasan berpendapat. Artinya, setiap rezim pasti ada kelebihan dan kekurangan. 

"Tapi dari sisi ekonomi pemerintah Orde Baru dulu sukses. Tentu ada korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), tapi sekarang juga lebih dahsyat kok dari zaman itu, korupsi kolusi nepotisme lebih dahsyat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper