Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenaker Bantu Pelatihan di Pesantren

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan memberikan bantuan kepada pesantren-pesantren agar para santri dan alumninya bisa diterima pasar kerja atau bisa mengembangkan wirausaha.
Para santri./.Antara
Para santri./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan memberikan bantuan kepada sejumlah agar para santri dan alumninya bisa diterima pasar kerja atau bisa mengembangkan wirausaha.

Salah satu yang disediakan adalah kemudahan akses untuk mengikuti pendidikan maupun pelatihan vokasi bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja.

Dalam kunjukannya ke Pondok Pesantren Kunto Darussalam di Kabupaten Kampar Kiri, Riau, Sabtu (19/5/2018), Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyatakan pemerintah menyiapkan banyak program pelatihan berbasis kejuruan. Setidaknya ada 80 kejuruan yang dapat diakses oleh alumni pesantren maupun para santri.

“Kami juga bantu dengan fasilitas pelatihan di dalam pesantren sehingga para santri sebelum lulus bisa dilatih mengembangkan skill tertentu seperti IT, otomotif atau keterampilan yang lain,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (19/5/2018).

Hanif melanjutkan komitmen pemerintah melalui politik anggaran yang dialokasikan ke pesantren sudah cukup besar.

“Bahkan sekarang LPDP (Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan) itu juga diberikan porsi untuk santri-santri apabila mau belajar di dalam maupun di luar negeri. Mulai S1 hingga S3,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Hanif, akses dan kemudahan bagi para santri sebenarnya sudah terbuka untuk berkecimpung dalam kewirausahaan. Namun, dia mengakui sosialisasinya masih perlu ditingkatkan.

“Hanya mungkin pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi terhadap program-program itu sehingga masyarakat dan pesantren tahu ada program pemerintah yang bisa diakses untuk meningkatkan kualitas dan daya saing santri,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper