Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Permintaan Amerika Serikat Terhadap Korea Utara

Amerika Serikat menuntut Korea Utara mengirimkan beberapa hulu ledak nuklir, peluru kendali balistik antar-benua (ICBM) dan bahan nuklir lain ke luar negaranya dalam enam bulan, kata Asahi, Kamis (17/5/2018), mengutip beberapa sumber.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberikan panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang  dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara./Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberikan panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara./Reuters

Bisnis.com, TOKYO -  Amerika Serikat menuntut Korea Utara mengirimkan beberapa hulu ledak nuklir, peluru kendali balistik antar-benua (ICBM) dan bahan nuklir lain ke luar negaranya dalam enam bulan, kata "Asahi", Kamis (17/5/2018), mengutip beberapa sumber.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo juga tampak telah memberi tahu pemimpin Korut Kim Jong-un, ketika mereka bertemu pada awal bulan ini, bahwa Washington kemungkinan mencabut Pyongyang dari daftar pendukung negara terorisme jika kapal Korut mengirimkan barang nuklir itu, kata "Asahi".

Jika Pyongyang setuju memenuhi pelucutan nuklir terpastikan dan tidak berubah pada pertemuan puncak, yang direncanakan dengan Amerika Serikat pada 12 Juni, Washington mempertimbangkan memberikan jaminan untuk penguasa Kim dan menyertakan sikap itu dalam pernyataan bersama oleh kedua pemimpin tersebut, kata surat kabar tersebut.

Korut meragukan pertemuan puncak pada bulan depan itu, yang belum pernah terjadi antara Kim Jong-un dengan Presiden AS Donald Trump.

Kim mengutuk pelatihan militer AS-Korsel sebagai tindakan provokasi dan membatalkan pembicaraan tingkat tinggi dengan Seoul pada Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper