Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Kecam Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem

Kementerian Luar Negeri Indonesia mengecam keras pemindahan Kedutaan Besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.
Penasihat Senior Gedung Putih Ivaka Trump berdiri di samping plakat peresmian Kedutaan Besar AS di Yerusalem, Israel,  Senin (14/5)./Reuters
Penasihat Senior Gedung Putih Ivaka Trump berdiri di samping plakat peresmian Kedutaan Besar AS di Yerusalem, Israel, Senin (14/5)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri Indonesia mengecam keras pemindahan Kedutaan Besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan Indonesia akan tetap mendukung Palestina. Secara keseluruhan, lewat keterangan resminya yang dikutip Bisnis, Selasa (15/5/2018), dia menyebutkan lima poin tanggapan atas kebijakan Presiden AS Donald Trump itu.

Pertama, Indonesia mengecam keras kebijakan AS yang membuka Kedubesnya di Yerusalem. Kedua, langkah AS melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB, serta mengancam proses perdamaian dan bahkan perdamaian itu sendiri.

Ketiga, Indonesia mendesak Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB segera bersidang untuk mengambil sikap dan langkah yang tegas.

Keempat, Indonesia mendorong negara-negara anggota PBB lainnya untuk tidak mengikuti langkah AS. Kelima, pemerintah dan rakyat Indonesia akan terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Menlu melalui akun Twitter-nya.

AS telah membuka kedubesnya di Yerusalem, yang dianggap sebagai kota suci, pada Senin (14/5). Acara pembukaannya dihadiri oleh Ivanka Trump dan Jared Kushner, menantu Trump.

Pembukaan kedubes baru itu diprotes keras oleh warga Palestina. Aksi protes dibalas oleh serangan militer dari Israel.

Sebanyak 58 warga Palestina tercatat tewas dan 2.700 lainnya luka-luka dalam peristiwa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper