Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagi Penganut Bumi Datar, Bumi Seperti Pac-Man

Penganut bumi datar punya teori menarik, yakni bumi seperti permainan Pac-Man.
Permainan Pac-Man/Istimewa
Permainan Pac-Man/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Penganut bumi datar punya teori menarik, yakni bumi seperti permainan Pac-Man.

Kaum Bumi Datar adalah sekumpulan orang-orang yang menolak ide bahwa bumi berbentuk bulat –yang telah dibuktikan kebenarannya pada lebih dari 2.000 tahun yang lalu oleh pemikir Yunani Kuno. Mereka meyakini bahwa bumi berbentuk datar seperti halnya Compact Disc.

Konvensi Kaum Bumi Datar di Birmingham, Inggris, pekan lalu mengemukakan teori yang cukup eksentrik, di mana salah satu narasumbernya mengatakan bahwa ruang dan waktu di bumi secara sistematis bekerja layaknya game yang populer era 1980-an, Pac-Man, sebagaimana dilaporkan Live Science, 2 Mei 2018.

Pada konferensi yang dihadiri sekitar 200 orang itu, mereka mempresentasikan bukti-bukti ilmiah untuk membuktikan kedataran bumi. Salah satu materi yang menarik datang dari Darren Nesbit, yang memaparkan teori Pac-Man Effect, teori yang diakuinya bisa menjawab teka-teki kenapa pesawat tidak jatuh saat melintasi ujung dunia.

Nesbit mengatakan bahwa bumi ini bekerja seperti di dalam permainan Pac-Man. Saat Pac-Man menyentuh dinding di ujung layar ia akan berteleportasi ke ujung lain dari layar.

“Kami tahu bahwa perjalanan timur-barat-timur secara terus menerus itu dapat dilakukan,” ujar Nesbit, yang juga seorang musisi.

“Pac-Man Effect adalah sebuah teori yang dapat menjelaskan fenomena ini. Bagi para pemikir bebas fenomena itu terjadi karena adanya peleburan antara ruang dan waktu.”

Selain Nesbit ada pula narasumber lain, yaitu Dave Marsh, yang bekerja sebagai seorang manajer di pusat pelayanan kesehatan nasional Inggris. Marsh adalah satu dari empat narasumber yang terasosiasi dengan kelompok riset Bumi Datar yang dinamai FEcore.

Pengamatan bulan adalah fokus utama risetnya, karena menurutnya bulan adalah kunci untuk membuka tirai ‘pembodohan’ global dari bentuk asli bumi.

Konvensi di Birmingham ini bukanlah yang pertama kali digelar. Sebelumnya pernah ada konferensi Bumi Datar Internasional yang digelar di Raleigh, Amerika, pada bulan November 2017.

Konvensi itu mengundang beberapa nama besar di kalangan Kaum Bumi Datar, salah satunya adalah Mark Sargent yang dikenal sebagai dalang di balik video-video seri Flat Earth Clues yang tayang di YouTube.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper