Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asean dan Kanada Sepakat Perkuat Kerja Sama di Berbagai Bidang

Asean dan Kanada sepakat untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang, salah satunya dengan fokus menyelesaikan negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) 2018.
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disela-sela KTT Asean di Manila, Filipina/Sekretariat Kabinet
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disela-sela KTT Asean di Manila, Filipina/Sekretariat Kabinet

Bisnis.com, JAKARTA -- Asean dan Kanada sepakat untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang, salah satunya dengan fokus menyelesaikan negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) 2018.

Fokus penyelesaian negosiasi tersebut terkait dengan perkembangan ekonomi global saat ini yang mengarah ke proteksionisme. Dalam hal ini, Indonesia menekankan pentingnya regionalisme ekonomi yang membawa keuntungan bagi semua.

Donald Bobiash, Ketua Delegasi Kanada yang juga mantan Duta Besar Kanada di Indonesia, menjelaskan masukan-masukan yang konstruktif dari Indonesia akan didiskusikan lebih dalam untuk semakin memperkuat kerja sama Asean dan Kanada yang telah berjalan selama lebih dari 40 tahun.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kerja Sama Asean Jose Tavares mengatakan Asean memiliki peran sentral dalam arsitektur kawasan.

"Asean dengan berbagai mekanismenya, seperti Asean+1, Asean+3, Asean Defense Ministers Meeting Plus (ADMM-Plus), East Asia Summit (EAS), dan Asean Regional Forum (ARF), telah ikut membentuk kawasan yang damai, aman, stabil, dan sejahtera,” ucapnya dalam keterangan resmi, Jumat (4/5/2018).

Kerja sama Asean dan Kanada dimulai pada 1977 dan saat ini berada pada status Enhanced Partnership, serta telah memiliki kerja sama yang kuat di ketiga pilar yakni politik keamanan, ekonomi perdagangan dan sosial budaya.  

Asean dan Kanada telah menyelenggarakan Pertemuan Tingkat Tinggi Peringatan 40 Tahun Kemitraan Asean-Kanada di Manila pada 14 November 2017.

Kanada merupakan salah satu mitra dagang dan investor penting bagi Asean. Kanada menempati urutan ke-8 negara mitra wicara Asean dengan total perdagangan bilateral pada 2016 mencapai US$ 12,63 milyar. Pada periode yang sama, investasi Kanada di Asean mencapai US$ 198,83 juta.

Kanada melalui Canada-OECD Project on Asean SMEs telah mengalokasikan 12 juta dolar Kanada untuk program pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di negara-negara anggota Asean serta menyusun berbagai kebijakan dan program yang kondusif mendorong UMKM Asean masuk dalam rantai pasokan global.

Beberapa kerangka kerja sama ekonomi perdagangan yang terjalin di antaranya Asean-Canada Joint Declaration on Trade and Investment (JDTI), Work Plan JDTI 2016-2020, dan Asean-Canada Trade Policy Dialogue.

Di bidang sosial budaya, Kanada telah mengalokasikan 10 juta dolar Kanada untuk beasiswa pendidikan bagi pemuda dan para profesional level menengah Asean selama 2018-2023 melalui program Asean Scholarship and Educational Exchanges for Development (SEED). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper