Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun PLTA Bupati Aceh Barat Teken MoU dengan PT Meureubo Energi

Untuk memenuhi kebutuhan listrik, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan PT Meurebo Energi Indonesia menandatangani kesepakatan kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas 60-80 Megawatt tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memenuhi kebutuhan listrik, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan PT Meurebo Energi Indonesia menandatangani kesepakatan kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas 60-80 Megawatt tersebut.

Penandatanganan dilakukan Bupati Ramli MS dengan PT Meurebo Energi Indonesia di Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Salah satu isi kesepakatan adalah, Pemkab Aceh Barat meminta pihak perusahaan mempekerjakan masyarakat aceh barat dengan komposisi 70 persen dan dari luar 30 persen.

"MoU ini menindaklanjuti dari pertemuan di Bali pada awal 2018 lalu," kata Ramli menambahkan PLTA akan mulai dibangun tahun ini seperti dalam siaran persnya.

Selain tenaga kerja, Bupati Ramli juga meminta PT Meurebo Energi Indonesia membangun sekolah serta memberikan beasiswa kepada putra putri Aceh Barat yang berprestasi, agar dikemudian hari dapat dipekerjakan di perusahaan yang akan mendistribusikan aliran listrik tersebut.

"Ini agar pembangunan berdampak luas bagi masyarakat Aceh Barat, khususnya di bidang pendidikan dan ketenagakerjaan," ujarnya.

Direktur PT Meureubo Energi Indonesia Abdul Djalil menyambut gembira kesepakatan yang dicapai kedua pihak. Dia menjamin, tenaga kerja untuk pembangunan PLTA akan mengutamakan warga lokal dengan komposisi sebesar 70 persen seperti yang disebutkan dalam MoU.

"Kami juga akan membangun sekolah seperti yang diminta Pak Bupati," ujar Abdul Djalil.

Abdul mengatakan, pembangunan sekolah dan penyerapan 70 persen tenaga kerja lokal adalah wujud komitmen perusahaan untuk selalu memberi dampak positif bagi masyarakat setempat.

"Kami berharap kedekatan psikologis dan sinergi dengan masyarakat setempat akan semakin memperkuat pondasi pembangunan, sehingga akhirnya bisa bermanfaat besar buat masyarakat dan juga perusahaan," ujarnya.

Perlu diketahui, pembangunan proyek PLTA 60-80 Megawatt tersebut direncanakan akan dibangun di Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat.

Sementara R Donny Adam, putra daerah Aceh Barat yang secara tidak langsung juga ikut berkontribusi dalam menyukseskan penandatanganan MoU ini berharap ke depannya Aceh Barat bisa lebih maju dari kabupaten lainnya.

"Semoga tidak a lagi pengangguran di kota kelahiran ibu saya," ucap Donny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper