Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Donald Trump Sebut Kim Jong Un Sangat Terhormat

Kami pikir ini hak baik untuk dunia. Kami menjalani ... diskusi yang sangat baik. Kim Jong Un, ia sangat terbuka dan saya pikir sangat terhormat dari apa yang saya lihat, ujar Trump.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump./Reuters
Presiden Amerika Serikat Donald Trump./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, "sangat terhormat" sembari menyebutkan rencana pertemuan tertinggi terkait denuklirisasi berjalan lancar.

Namun, di waktu bersamaan Trump juga menebar pesimisme terhadap kesepkatan denuklirisasi dalam waktu dekat sembari mengatakan "mungkin kita semua membuang banyak waktu."

Selepas pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Gedung Putih, Selasa setempat, Trump di hadapan wartawan mengatakan Korut telah menyatakan keinginan untuk mengadakan pertemuan "sesegera mungkin."

"Kami pikir ini hak baik untuk dunia. Kami menjalani ... diskusi yang sangat baik. Kim Jong Un, ia sangat terbuka dan saya pikir sangat terhormat dari apa yang saya lihat," ujarnya menambahkan.

Trump mengatakan ia berharap kesepakatan mengenai berjalan positif, namun ia terlebih dahulu ingin melihat proses denuklirisasi Korut berjalan penuh.

"Artinya mereka menyingkirkan seluruh nuklirnya. Sangat sederhana ... mudah bagi saya untuk mengambil kesepakatan dan mengklaim kemenangan. Saya tidak ingin melakukan itu. Saya ingin mereka menyingkirkan nuklirnya," kata Trump ketika diminta mengelaborasi pernyataan sebelumnya.

Trump juga menyebut dirinya tak ingin mengulangi kesalahan pemerintahan AS terdahulu, yang dituduh para pembantu pemerintahannya melonggarkan sanksi terlalu awal demi mencapai kesepakatan dengan Korut.

"Kampanye untuk tekanan penuh akan berlanjut," kata Trump.

"Hasil akhirnya, kita lihat nanti. Mungkin hal baik akan terjadi, (tapi) bisa juga kita membuang banyak waktu, tapi semoga hasilnya yang terbaik bagi semua pihak," pungkasnya, demikian Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper