Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENKO POLHUKAM: Pembangunan Daerah Perbatasan Perlu Dipercepat

Pembangunan di daerah perbatasan dinilai sesuatu yang mutlak dilakukan dan perlu dipercepat
Menkopolhukam Wiranto/ANTARA-Rosa Panggabean
Menkopolhukam Wiranto/ANTARA-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA—Pembangunan di daerah perbatasan dinilai sesuatu yang mutlak dilakukan dan perlu dipercepat.

Terkait hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik,  Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP)  pun harus bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan kementerian dan lembaga terkait.

Sehingga, bisa menyukseskan nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo yakni membangun dari pinggiran. 

"Perhatian presiden untuk bagaimana memberikan kesejahteraan dan keadilan bagi penduduk perbatasan memang sangat perlu dan tepat sekali. Jadi yang pertama dari sisi pendekatan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (17/4).

Menurutnya, pembangunan perbatasan yang dilakukan pemerintah saat ini sudah mulai terlihat hasilnya. Misalnya, pembangunan jalan-jalan baru, pembangunan transportasi baru baik pelabuhan udara dan pelabuhan laut. 

"Jalan-jalan tembus wilayah perbatasan itu sudah banyak sekali, belum lagi adanya pembangunan pos lintas batas yang dulunya kumuh, katakanlah tidak membanggakan, menyedihkan, sekarang sudah menjadi satu pos lintas batas yang membanggakan karena lebih bagus dari seberang," tuturnya. 

Bahkan, kata dia, dahulu pos lintas batas Indonesia lebih kumuh dari negara-negara tetangga.  Kemudian,  Presiden Joko Widodo memerintahkan agar membongkarnya dan dalam waktu dua minggu harus dibuat lebih bagus dari negara tetangga.  

“Ini sesuatu bagian dari membangun kebanggaan nasional. Sekarang [masyarakat di perbatasan] merasa dirangkul, diperhatikan, ini saya kira sesuatu yang sangat penting bagi masyarakat pembangunan wilayah perbatasan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper