Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reputasi Hadiah Nobel Terancam

Nobel Foundation pada Rabu (11/4/2018) memperingatkan bahwa reputasi internasional Hadiah Nobel bisa terancam setelah serangkaian pertikaian mengguncang Swedish Academy, badan yang menganugerahkan Hadiah Nobel di bidang sastra.
Hadiah Nobel/Istimewa
Hadiah Nobel/Istimewa

Bisnis.com, STOCKHOLM - Nobel Foundation pada Rabu (11/4/2018) memperingatkan bahwa reputasi internasional Hadiah Nobel bisa terancam setelah serangkaian pertikaian mengguncang Swedish Academy, badan yang menganugerahkan Hadiah Nobel di bidang sastra.

Di dalam satu siaran pers yang dikeluarkan pada Rabu (11/4/2018) , Nobel Foundation menyatakan anggota dewannya telah bertemu untuk membahas perkembangan terkini, yang meliputi tiga anggota Academy yang pada Jumat mengumumkan bahwa mereka mundur --tindakan yang telah mengguncang dunia sastra dan budaya.

"Tak terelakkan bahwa krisis yang sulit juga merusak reputasi Hadiah Nobel. Kita bisa memastikan bahwa kepercayaan pada Swedish Academy telah benar-benar rusak. Bagaimana keadaan sekarang akan membahayakan Hadiah Nobel tak bisa sepenuhnya dinilai," kata pernyataan tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis (12/4/2018) pagi.

Ketiga anggota Academy itu memilih untuk mundur setelah kebanyakan anggota memberi suara untuk mengeluarkan anggota yang suaminya telah dituduh melakukan pelecehan seksual dan menyebar pengaruh atas Academy tersebut, serta diduga membocorkan nama sejumlah peraih hadiah Nobel Sastra pada masa lalu.

Pada Rabu (11/4/2018), sisa anggota Academy tersebut mengadakan pertemuan darurat guna memutuskan cara bergerak maju setelah berhari-hari perang kata-kata sengit di media Swedia.

Di dalam pernyataannya, Nabel Foundation menjelaskan sejumlah langkah yang disarankan yang dipandang perlu untuk memulihkan kepercayaan pada Swedish Academy, untuk melindungi reputasi Hadiah Nobel, dan untuk memastikan bahwa pekerjaan untuk memilih peraih Nobel Literatur tahun ini dilakukan dengan cara yang bisa dipercaya.

Setiap pelanggaran kerahasiaan dan konflik kepentingan harus ditangani sejalan dengan peraturan internal, kata pernyataan itu. Dan setiap dugaan kejahatan mesti ditangani lewat jalur hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper